UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Perencanaan standardisasi infrastruktur TI yang adaptif sesuai kebutuhan strategis organisasi : studi kasus Kementerian Perdagangan = Adaptive IT infrastructure standardization planning according to organization strategic needs : case study Ministry of Trade

Eka Putra Mahardika P.; Bob Hardian, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Infrastruktur TI merupakan sebuah dasar dan pondasi bagi seluruh sistem informasi yang dijalankan di dalam sebuah organisasi dalam mengatur sumber daya yang menjadi sebuah kebutuhan dasar. Sistem informasi yang dimiliki oleh sebuah organisasi merupakan layanan yang akan diberikan kepada pengguna, dalam hal ini organisasi pemerintah menghadirkan sebuah layanan-layanan yang akan dipergunakan oleh publik atau masyarakat. Layanan yang selalu tersedia, handal dan dinamis dapat mengikuti kebutuhan strategis organisasi membutuhkan arsitektur TI yang terjamin ketersediaannya, handal dan dapat secara dinamis mengalokasikan dan mengatur kebutuhan sumber daya yang akan dibutuhkan oleh sistem informasi sebagai layanan kepada masyarakat. Untuk menghadirkan hal tersebut, perlu sebuah rancangan dan perencanaan arsitektur yang adaptif, berbasis layanan, tersembunyi secara fisik dari pengelola layanan dan pengguna akhir, terstandarisasi, dan menggunakan teknik virtualisasi dalam mengelola kolam sumber daya arsitektur yang akan diberikan kepada pengelola layanan. Komputasi virtualisasi adalah salah satu teknik yang akan dipergunakan, dengan mengembangkan model service-oriented infrastructure dengan menggunakan kerangka kerja TOGAF, infrastruktur berbasis layanan tersebut akan dirancang agar dapat beradaptasi dengan kebutuhan strategis organisasi pada Kementerian Perdagangan. Teknik ini selain dapat mempermudah dalam peningkatan sumber daya secara singkat, menjamin ketersediaan dan kehandalan layanan, layanan yang terstandarisasi, mengurangi tingkat kerumitan infrastruktur dan mengurangi biaya pemeliharaan dan penyediaan perangkat baru. Standardisasi infrastruktur TI diperlukan untuk menjaga rancangan arsitektur dan infrastruktur TI yang saling terintegrasi dan interoperabilitas untuk menghadirkan layanan kepada publik yang dapat diandalkan.

IT infrastructure is a basis and foundations for all information systems are implemented in an organization to manage the resources become a basic requirement. Information system held by an organization is a service to be provided to the users, in this case government organizations deliver a services that will be used by the public or the community. Service always available, reliable and able to follow the dynamic needs of the organization's strategic IT architecture requires a guaranteed availability, reliable and be able to dynamically allocate and manage resource requirements that will be needed by the system information as a service to the community. To deliver this, needs a design and planning an adaptive architecture, service-based, physically hidden from management and end-user services, standardized, and using virtualization techniques in managing the resource pool architecture that will be given to the Administrator. Computing virtualization is one of the techniques to be used, by developing a model of service-oriented infrastructure using TOGAF framework, service-based infrastructure will be designed to adapt to the strategic needs of the organization at the Ministry of Trade. This technique can facilitate in besides increased resources briefly, ensure availability and reliability of services, standardized services, reduce infrastructure complexity and reduce the cost of maintenance and the provision of new devices. Standardization of the IT infrastructure required to maintain the architecture and design of an integrated IT infrastructure and interoperability to deliver services to the public is reliable.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Eka Putra Mahardika P.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 100 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-22-30277343 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20329929
Cover