ABSTRAKPendahuluan
Faktor-faktor lingkungan seperti berbagai macam partikel dan gas dari emisi kendaraan seperti karbon dioksida, karbon monoksida, sulfur, benzen, nitrogen dioksida, nitrit oksid dan asap dipercaya memiliki peran yang bermakna dalam meningkatkan terjadinya penyakit pernapasan. Polisi lalu lintas yang bekerja di area lalu lintas yang padat selama beberapa tahun memiliki risiko terpajan polusi udara.
Tujuan
Studi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faal paru dan faktor-faktor yang mempengaruhi pada polisi lalu lintas yang bekerja di wilayah Jakarta Utara.
Metode
Studi ini menggunakan metode potong lintang (cross-sectional study method). Polisi lalu lintas yang bekerja di wilayah jakarta Utara diwawancara menggunakan kuesioner yang berhubungan dengan kesehatan rerpirasi, gambaran klinis, pemeriksaan CO ekspirasi, foto toraks dan pemeriksaan faal paru dengan spirometri. Pengumpulan data dilakukan antara bulan Oktober 2012 hingga November 2012.
Hasil
Pada studi ini didapatkan dari 90 subjek kelompok umur paling banyak didapatkan pada usia 41-50 tahun (37.8%), memiliki status gizi over weight ( 55.6%) sebagian besar perokok ringan (47.8%). Kami menemukan kelainan faal paru berupa restriksi ringan 6.7%, restriksi sedang 1.1% dan obstruksi ringan 1.1 %. Variabel yang berpengaruh secara bermakna dengan faal paru adalah usia dan indeks massa tubuh (BMI) sedangkan kebiasaan merokok dan penggunaan masker secara statistik tidak ditemukan hubungan yang bermakna dengan faal paru.
Kesimpulan
Studi ini menunjukkan bahwa prevalens gangguan faal paru adalah 8.9% dan variabel yang berpengaruh adalah usia dan indeks massa tubuh.
ABSTRACTIntroduction:
Environmental factors such as various particles and gases from vehicular emission like carbon dioxide, carbon monoxide, sulphur, benzene, nitrogen dioxide, nitric oxide and black smoke are believed to play a significant role in the development of respiratory diseases. Traffic policemen who work in the busy traffic signal areas for years together are exposed to the risk of air traffic pollution.
Purposes:
This study was conducted profiles and factors influencing lung fuction of traffic pollution on traffic police working in North Jakarta Distric.
Method:
This study used cross-sectional study method. The traffic police working in North Jakarta Distric were given a predetermined respiratory health questionnaire, their clinical profile,CO expiration, chest x ray and lung functions were measured. We collected data within October 2012 until November 2012.
Result:
This study showed from 90 subject with predominant age group between 41-50 years old (37.8%), over weight (55.6%) and mild smoker (47.8%). We found that mild restriction 6.7%, moderate restriction 1.1% and mild obstruction 1.1% subject. There were statistically significant age (p=0.019) and BMI (p=0.012) but no statistically significant associated smoking (p=0.145) ,used masker (p=1.000) with lung function.
Conclusion:
Study found that the prevalence of decreased pulmonary function is 8.9% and only age and BMI were associated with lung function.