UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis hubungan faktor-faktor keterbacaan dengan pengetahuan pembaca : studi kasus Advertorial Majalah TEMPO "Geliat Bisnis dari Bangku Kampus" edisi 5 Desember 2010 = Correlation analysis of readability factors with reader knowledge : case study Advertorial of TEMPO Magazine titled "Geliat Bisnis dari Bangku Kampus" December 5, 2010 / Ahmad Saifullah Buaykundo

Ahmad Saifullah Buaykundo; Eduard Lukman, supervisor; Pinckey Triputra, examiner; Sasa Djuarsa Sendjaja, examiner ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh faktor-faktor keterbacaan adverorial yaitu koherensi, gaya penulisan dan tipografi terhadap pengetahuan pembaca dan mengetahui faktor keterbacaan yang dominan di antara ketiganya. Pengujian hipotesis statistik melalui studi kasus dilakukan dengan unit analisis advertorial majalah Tempo berjudul ?Geliat Bisnis Dari Bangku Kampus? edisi 5 Desember 2010. Responden penelitian adalah 135 orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam peserta program Karya Ilmiah yang diadakan Dirjen Perguruan Tinggi, DIKNAS 2011. Pengumpulan data primer dilakukan dengan pengajuan questionnaire, sementara data sekunder didapat dengan menggunakan formula keterbacaan, studi pustaka dan wawancara.
Hasil pengumpulan data primer kemudian diolah dan dianalisis dengan metode statistic korelasi linier untuk mengetahui bentuk hubungan ketiga faktor.
Data hasil empiris menujukkan faktor koherensi dan tipografi berpengaruh terhadap pengetahuan pembaca namun faktor gaya penulisan tidak berpengaruh nyata terhadap pengetahuan pembaca. Tidak ada faktor dominan dari kedua faktor yang berpengaruh tersebut.

ABSTRACT
The objectives of the research are to know how readabilty factors of advertorial, which are koherence, style of writing and typograph will increase the reader knowledge and more over, which readability factors among those three that the most dominant one. The statistic hypothesis test was done through case study method by unit analys of advertorial article titled ?Geliat Bisnis Dari Bangku Kampus?in Tempo magazine December 5, 2010 edition. One hundred and thirty five respondents of Bogor Agricultural University (IPB) college students who particiapated in Academic Writing Competition of DIKTI-DIKNAS 2011 were selected. The primary data was collected by questionere technique, meanwhile the secondary data was collected by using readabality formulas, conducting journal study and having the interviews.
The primary data was analyzed by linier correlation statistic method to know the correlations among the three factors.
The empirical result shown the coherence and typograph factors correlates significantly with readers knowledge but the style of writing does not. There is no dominant factors between the two correlated factors.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Ahmad Saifullah Buaykundo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 95 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-441439403 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20330084
Cover