Latar Belakang. Pemeriksaan Neuropsikologi CERAD merupakan pemeriksaan
yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya gangguan fungsi kognitif. Hingga
saat ini, nilai normal Pemeriksaan Neuropsikologi CERAD belum diketahui.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai normal Pemeriksaan
Neuropsikologi CERAD di Jakarta berdasarkan usia dan tingkat pendidikan.
Metode. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain potong lintang.
Pengumpulan data dilakukan pada bulan November hingga Desember 2012.
Hasil. Sebanyak 192 subyek penelitian yang terdiri dari 60.9% subyek laki-laki
dan 39.1% subyek perempuan diikutsertakan dalam penelitian ini. Usia dari
subyek penelitian berkisar antara 40-84 tahun. Berdasarkan tingkat pendidikan,
sebanyak 92 (47.9%) subyek merupakan tamatan SLTP, sedangkan 100 (52.1%)
subyek lainnya merupakan tamatan SLTA atau lebih tinggi. Pemeriksaan
Pemeriksaan Neuropsikologi CERAD adalah 102, dengan kisaran skor antara 65-
130. Perbedaan nilai rerata skor total Pemeriksaan Neuropsikologi CERAD antar
kelompok usia dan antar kelompok tingkat pendidikan ditemukan bermakna
dengan masing-masing memiliki nilai p 0,000 dan 0.002. Sedangkan terkait jenis
kelamin, tidak ditemukan perbedaan yang bermakna antara laki-laki dan
perempuan (p=0,811).
Kesimpulan. Telah didapatkan nilai tengah Pemeriksaan Neuropsikologi CERAD
dengan fungsi kognitif yang normal berdasarkan usia dan tingkat pendidikan. Usia
dan tingkat pendidikan secara bermakna mempengaruhi nilai tengah Pemeriksaan
Neuropsikologi CERAD
Background. CERAD Neuropsychology Examination is an instrument that canbe used to detect cognitive impairment. To date, Normative Value of CERADNeuropsychology Examination has not been known. The aim of this study is toobtain the normative value of CERAD Neuropsychology Examination accordingto age and level of education.Method. A cross-sectional study was conducted. Data collection were collectedbetween November - Desember 2012.Result. A total of 192 subjects, i.e. 39.1% male subjects and 60.9%femalesubjects, were included in this study. The age of the subjects was between 40 and84 years. Based on level of education, 92 (47.9%) subjects were primary highschool graduates, whereas 100 (52.1%) subjects were secondary high schoolgraduates or higher. The median of total score of CERAD NeuropsychologyExamination is 102 , ranging from 65 to 130. Differences of total score ofCERAD Neuropsychology Examination between age groups and educationgroups were found to be statistically significant (p = 0,000 and 0.002).Meanwhile, no significant difference in total score of CERAD NeuropsychologyExamination between male and female.Conclusion. The total score of CERAD Neuropsychology Examination withnormal cognition based on age and level of education has been found. Age as wellas level of education have significant effects on total score of CERADNeuropsychology Examination.