Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, yang bertujuan untuk mendapatkan hubungan kontribusi faktor eksternal dan internal dalam pengambilan keputusan herbal antikanker terhadap kepuasan konsumen. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui kontribusi positif yang kuat dalam keputusan pembelian herbal antikanker. Data yang diambil menggunakan kuisioner dengan jumlah responden 100 orang yang telah meminum herbal antikanker di wilayah Bogor pada tahun 2012.
Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi faktor eksternal dan internal tentang pembelian herbal antikanker terhadap kepuasan konsumen dengan odds ratio 6,48 dan hubungan ini signifikan secara statistik dengan nilai-p 0,032.
This research is quantitative research with cross sectional approach, aims to obtain the correlation of contribution of external factors and internal factors to the purchase decision of anticancer of herbs to customer satisfaction. It is important to know positive in purchase decision of anticancer of herb. Data is using quesionar with 100 respondence who consume herb medicine at Bogor area in 2012.
The result of this research is positive correlation between external factors and internal factores and costumer satisfaction eith odds ratio 6,48. And this correlation is significant by satisfactics with p value 0,032.