UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Perancangan model keterampilan informasi dan literasi dalam pemanfaatan internet pada pembelajaran di sekolah dengan soft system methodology = Designing of information literacy skills model being utilized to the internet on learning at schools with soft systems methodology

Ivan Andriyana; Rizal Fathoni Aji, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Dewasa ini internet telah menjadi bagian dari proses pembelajaran di dalam kelas. Dengan segala keunggulan yang dimiliki, internet memberikan peluang untuk membantu proses pembelajaran. Salah satu kendala dalam mengintegrasikan internet dengan pembelajaran di sekolah dalam lingkungan Dinas Pendidikan Kota Pontianak adalah, belum adanya sebuah model yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Salah satu model yang bisa digunakan dalam mengintegrasi internet dalam proses pembelajaran adalah Model Keterampilan Informasi dan Literasi (Information/Literacy Skills Model). Sebuah model yang membantu peserta didik dalam menemukan informasi-informasi berharga dalam internet guna membantunya dalam memecahkan masalah pembelajaran di dalam kelas. Metodelogi yang digunakan untuk merancang model ini adalah Soft Sistem Metodology (SSM).
Melalui tahapan-tahapan yang ada dalam Soft System Methodology (SSM), diharapkan dapat dihasilkan sebuah model keterampilan Informasi dan literasi yang dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran semua sekolah menengah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Pontianak.

Today the internet has become part of the learning process in the classroom. With all the advantages possessed, the internet provides an opportunity to help the learning process. One of the obstacles in integrating the Internet with learning in schools in the Education Department Pontianak is, the lack of an appropriate model for use in the learning process.
The model that can be used to integrate the Internet in the learning process is a Information Literacy Skills Model. The model helps students in finding valuable information on the internet in order to help in solving the problem of learning in the classroom. Methodology used to design this model is the Soft Systems Methodology (SSM).
Through the stages in the Soft Systems Methodology (SSM), are expected to be produced a model of literacy skills and information that can be used optimally in the process of learning all the high schools in the Education Office of Pontianak.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Ivan Andriyana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 113 hlm. : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-22-20218783 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20330417
Cover