UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara psychological capital dan job involvement pada perawat = The relationship between psychological capital and job involvement among nurses

Riri Damayanti; Bertina Sjabadhyni, supervisor (Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Perawat harus memiliki karakteristik psikologi yang positif. Penelitian ini fokus pada hubungan antara psychological capital dan job involvement pada perawat. Psychological capital adalah suatu perkembangan psikologis yang positif pada individu dengan karakteristik self efficacy optimism hope dan resiliency (Luthans Youssef dan Avolio, 2007). Job involvement adalah identifikasi diri secara psikologis dengan pekerjaannya saat ini Kanungo 1982. Penelitian menggunakan alat ukur Psychological Capital Questionnaire PCQ Luthans dkk 2007 dan Job Involvement Questionnaire JIQ (Kanungo ,1982). Partisipan adalah 207 perawat di Rumah Sakit X yang terpilih secara accidental. Hasil menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara psychological capital dengan job involvement pada perawat r 0 199 p 0 004 signifikan pada L o S 0 01. Artinya semakin tinggi psychological capital yang dimiliki perawat maka semakin tinggi pula tingkat job involvement pada dirinya. Dengan demikian manajemen rumah sakit sebaiknya melakukan kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk meningkatkan psychological capital dan job involvement pada perawat.

Nurses should have the characteristics of positive psychology. This study focused on correlation between psychological capital and job involvement among nurses. Psychological capital is an individual`s positive psychological state of development and is characterized by self efficacy optimism hope dan resiliency (Luthans Youssef dan Avolio, 2007). Job involvement is a generalized cognitive style of psychological identification with the job (Kanungo, 1982). This study was measured using a modification instrument named Psychological Capital Questionnaire PCQ Luthans et al 2007 and Job Involvement Questionnaire JIQ Kanungo 1982 The participants of this research are 207 nurses at Hospital X by accidental sampling. The main results of this research show that psychological capital positively correlated significantly with job involvement r 0 199 p 0 004 significant at L o S 0 01. That is the higher psychological capital of one`s own the higher showing job involvement. From this result hospital management should conduct a systematic and continuous activity to improve the psychological capital and job involvement among nurses.

 File Digital: 1

Shelf
 S44857-Hubungan antara.pdf :: Unduh

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S44857
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 66 hlm. : ill. : 28 cm. + lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S44857 14-21-563769020 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20330575
Cover