UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kepatuhan pasien pasca operasi katup jantung mekanik terhadap pengobatan antithrombosis dan faktor faktor yang mempengaruhinya di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta = Compliance of antithrombosis and it s affecting factors in patient with mechanical heart valve in Rumah Sakit Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita

May Ratih Wulandari; Zarfiel Tafal, supervisor (Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Perkembangan operasi katup jantung telah banyak membantu penderita untuk menjalani hidup aktif dan berguna. Katup jantung prostetik mekanik maupun bioprostetik telah memajukan kualitas hidup dan angka survival pada penderita dengan kelainan katup jantung yang parah. Dengan adanya katup jantung prostetik, pemberian antithrombotik untuk pencegahan trombosis pada katup prostetik dan embolisasi sistemik telah terbukti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kepatuhan dan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pasien pasca operasi katup jantung mekanik dalam pengobatan dengan antitrombosis di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pengambilan sampel secara accidental sampling. Data yang dipergunakan diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh pasien pasca operasi katup jantung mekanik tahun 2011 yang kontrol ke poliklinik. Hasil penelitian didapatkan variabel tingkat pendidikan, pengetahuan, sikap responden, efek samping obat, peran keluarga dan peran petugas kesehatan menunjukkan hubungan bermakna dengan kepatuhan responden pasca operasi katup jantung mekanik terhadap pengobatan antithrombosis di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Berdasarkan penelitian ini, disarankan penyuluhan yang intensif untuk meningkatkan kepatuhan pasien Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita hendaknya mengadakan konseling dan penyediaan media informasi dalam bentuk cetak untuk meningkatkan kepatuhan pasien dengan pengobatan antithrombosis pasca operasi katup jantung mekanik.

Development of heart valve surgery has helped many people to lead an active and useful life. Mechanical prosthetic heart valves or bioprosthetic been advancing the quality of life and survival rate in patients with severe heart valve disorder. With a prosthetic heart valve, giving antithrombotic for the prevention of thrombosis in prosthetic valve and systemic embolization has been proven. The purpose of this study was to describe adherence and factors associated with postoperative patient compliance in the treatment of mechanical heart valve with antithrombotic at Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. This research is a descriptive analytic with accidental sampling. The data used is obtained from the results of questionnaires by patients after mechanical heart valve surgery in 2011 which controls to the clinic. The results of this study obtained variable level of education, knowledge, attitudes, respondents, drug side effects, the role of the family and the role of health workers showed significant correlation with adherence respondents postoperative mechanical heart valve for the treatment antithrombosis at Rumah sakit Jantung dan Pembuluh darah Harapan Kita. Based on this study, it is suggested that extensive counseling to improve patient compliance. Rumah sakit Jantung dan Pembuluh darah Harapan Kita should conduct counseling and the provision of information in the form of print media to improve patient compliance with treatment antithrombosis postoperative mechanical heart valves.

 File Digital: 1

Shelf
 S 45156-May Ratih Wulandari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S45156
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 98 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S45156 14-21-330515094 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20330754
Cover