UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran ergonomi pada pekerja pengguna laptop dihubungkan dengan keluhan subjektif pada Muskuloskeletal di Kantor RST Indonesia tahun 2012 = The ergonomic idea for laptop usage with subjective of Musculoskeletal disorder at RST Indonesia office in 2012

Kamaruddin; Robiana Modjo, supervisor (Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

This study aim is to oversee the ergonomic idea for laptop usage with subjective of musculoskeletal disorder. Type of research was conducted in a descriptive design study which an observational approaching. The samples of this study were all workers in RST Indonesia office using laptop, number of samples are 74 persons. Based on study result shown that back pain disorder 5%, neck disorder 5%, shoulder blade disorder 1%, waist disorder 2%, arm disorder 2%, shoulder disorder 3%, and knee disorder 2%. It is suggested to conduct hierarchy of control hazard by conducting elimination, substitution, engineering control, administrative control, and wearing personal protective equipment.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran ergonomi pada pekerja pengguna laptop dihubungkan dengan keluhan subjektif pada muskuloskeletal. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan disain penelitian deskriptif yang bersifat observasional. Sampel dalam penelitian ini adalah pekerja pengguna laptop di kantor RST Indonesia yang berjumlah 74 orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 5% responden yang mengalami keluhan di bagian punggung, 5% responden mengalami keluhan di bagian leher, 1% responden mengalami keluhan di bagian belikat, 2% responden mengalami keluhan di bagian pinggang, 2% responden mengalami keluhan di bagian tangan, 3% responden mengalami keluhan di bagian bahu, dan 2% responden mengalami keluhan di bagian lutut. Disarankan pekerja pengguna laptop di kantor RST Indonesia melakukan tindakan eliminasi, substitusi, rekayasa (engineering control), pengendalian administratif dan menggunakan alat pelindung diri.

 File Digital: 1

Shelf
 S 44505-Kamaruddin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S44505
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 101 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S44505 14-21-628895512 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20330954
Cover