UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penilaian risiko keselamatan kerja pada pengelasan logam di bengkel las logam Sikembar Sukmajaya Depok Desember 2012 = Metal welding safety risk assessment in metal welding workshop Sikembar in Sukmajaya Depok December 2012

Wibowo Mukti; Hendra, supervisor (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penilai risiko yang didapat pada kegiatan pengelasan logam di bengkel las Sikembar Sukmajaya Depok pada November-Desember 2012. Penilaian risiko dilakukan dengan menganalisis nilai kemungkinan dan konsekuensi dari setiap tahapan pekerjaan yang kemudian dibandingkan dengan standar level risiko kualitatif risk matrix IEC 31010:2009 untuk mengetahui level risiko yang ada pada tahapan kegiatan pengelasan. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan menggunakan metode kualitatif yang sesuai dengan AS/NZS ISO 31000:2009.
Hasil penelitian menyatakan bahwa level risiko yang dimiliki pada uraian kerja di setiap langkah pengelasan logam di bengkel las Sikembar meliputi level : very high, high, dan medium. Dengan adanya nilai tingkat risiko, penulis bisa mengevaluasi upaya pengendalian risiko yang bengkel las Sikembar lakukan. Apakah pengendalian tersebut telah sesuai atau tidak sesuai standar, sehingga penulis bisa merekomendasikan prioritas pengendalian risiko menggunakan APD, administrative control dan rekayasa engineering yang sesuai standar pada risiko yang mempunyai nilai risiko very high, high, dan medium.

This study discusses about metal welding safety risk assessments in metal welding workshop Sikembar in Sukmajaya Depok December 2012. Risk Assesment is done by analyzing the likelihood value and consequences of each phase of work which is then compared to a standard level of risk qualitative risk matrix IEC 31010 to determine the level of risk that exist at each stage of metal welding activity. This study is a descriptive analytical study using qualitative method AS/NZS ISO 31000:2009.
The study states that the level of risk that you have on each step metal welding activity in metal welding workshop Sikembar includes very high level, high level, and medium level. With the value of the level of risk, the authors could evaluate risk control measures Metal Welding Workshop Sikembar doing. Is the control is appropriate or not according to the standard, so the author can recommend priority of risk control using PPE, administrative controls, and engineering control which according to the standard for a risks that have a level of risk very high, high, and medium.

 File Digital: 1

Shelf
 S45419 Wibowo Mukti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S45419
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xviii, 132 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S45419 14-22-12749198 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20331075
Cover