UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh sumber dukungan sosial terhadap penyesuaian diri individu yang melakukan konversi agama ke agama Katholik = The effect of social support resources on self adjustment of individual who have converted to Catholic religion

Eva Sadarma; Ali Nina Liche Seniati, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Perilaku konversi agama selalu meminta individu yang melakukannya untuk melakukan penyesuaian diri. Ini juga berlaku kepada individu-individu yang melakukan konversi agama ke agama Katholik, mereka diminta untuk menyesuaian diri. Penyesuaian diri menjadi hal penting untuk dilakukan karena penyesuaian diri selalu menimbulkan banyak perubahan dan konflik. Perubahan- perubahan yang terjadi dalam dalam diri sendiri dan konflik dengan orang sekitar. Penyesuaian diri yang baik dan sehat baru dapat terjadi jika ada dukungan dari orang-orang sekitar. Orang-orang sekitar yang memberikan dukungan sosial pada individu yang telah melakukan konversi agama ke agama Katholik terdiri dari orang tua kandung, pasangan, sahabat, teman katekumen dan orang tua baptis.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh sumber dukungan sosial yang terdiri dari orang tua kandung, pasangan, sahabat, teman katekumen dan orang tua baptis terhadap penyesuaian diri individu yang melakukan konversi agama ke agama Katholik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang terbagi atas dua kuesioner yaitu kuesioner sumber dukungan sosial dan kuesioner penyesuaian diri. Jumlah item pada kedua kuesioner sebanyak 106 butir item. Kuesioner penyesuaian diri memiliki 56 butir item dan kuesioner sumber dukungan sosial memiliki 50 item. Pengambilan sampel berdasarkan kenyamanan dan kemudahan peneliti dalam mengakses sampel. Dengan metode convenience, jumlah sampel yang diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 85 responden.
Data yang diperoleh kemudian diolah secara statistik dan dianalisa secara regresi berganda. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas dinyatakan bahwa kedua alat ukur valid dan reliabel untuk mengukur masing-masing konstruk. Analisa regresi berganda tidak dilakukan karena hasil perhitungan R2 sebesar 0,23. Nilai ini disimpulkan bahwa pengaruh dari sumber dukungan sosial orang tua kandung, pasangan, sahabat, teman katekumen dan orang tua baptis hanya 2,3 % terhadap penyesuaian diri individu yang melakukan konversi agama ke agama Katholik. Namun pengaruh ini tidak signifikan karena hasil signifikansi dari perhitungan F sebesar 0,233. Nilai signifikansi ini lebih besar dari nilai signifikan yang telah di tetapkan, 0,05. Pada perhitungan regresi parsial diperoleh kesimpulan bahwa sumber dukungan sahabat berpengaruh terhadap penyesuaian diri individu yang melakukan konversi agama ke agama Katholik.

Behavior of religion conversion asked every individuals who have converted to doing the self adjustment. Just as in individuals who converted religion to Catholic, they are also required to do self adjustment. Adjustment to be the important thing to do, because converted religion give rise to changes and conflict. Changes on individuals who perform religious converted and conflict with their family and people in their around. Good adjustment can be occur if there is a people who are giving social support. The people who provide social support referred to as social support resources.
The purpose of this research is to see the effect of social support resources which consisting of parents, mate, pal, catechumens friend, parents baptized catechumens to the individual who converted to Catholic. The research method used is quantitative and collecting data using questionnaires. There are two questionnaires on this research, adjustment questionnaire and social support resources questionnaire. Total items on both questionnaires were 106 items. Adjustment questionnaire has 56 items and social support resources questionnaire has 50 items. Convenience sampling method is the method which used in this research, as many as 85 respondents were obtained by researchers using the method.
The inference validity and reliability test on two questionnaires are valid and reliable to measure each constructs in this research. Multiple regression analysis not performed on this research because the calculation of R2, score obtained for 0.023. Of the amount, it can be concluded that social support resources which consisting of parents, mate, pal, catechumen friends, and parents baptized catechumens has the effect of 2.3% toward self adjustment on individual who have converted to Catholic. Results f test showed social support resources do not effect significantly to adjustment individuals who have converted to Catholic. On partial regression test, the conclusion is pal social support has effect significantly to adjustment individuals who have converted to Catholic.

 File Digital: 1

Shelf
 S44595-Pengaruh sumber.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S44595
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 91 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S44595 14-22-73724266 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20331667
Cover