UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Wacana status akun Twitter Liputan9: telaah konteks kolokasi dan makna satire = Discourse on Liputan9 Twitter account status: assessing context collocation and meaning of satire

Lucky Christianto; R. Niken Pramanik, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Skripsi ini meneliti bagaimana penggunaan konteks, kolokasi, serta makna satire yang ditimbulkan pada status akun Twitter Liputan9. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mendeskripsikan penggunaan konteks dan kolokasi pada tiap unggahan status akun Twitter Liputan9. Kemudian melihat makna satire yang ditimbulkan dari gabungan kedua faktor tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konteks dari Joan Cutting, teori kolokasi dari Halliday dan Hasan, serta pengertian satire dari Gorys Keraf. Hasil penelitian ini adalah aspek kelucuan menjadi formula yang harus ada pada tiap pengunggahan status Twitter Liputan9 mengingat akun tersebut adalah akun berisi parodi atas kejadian-kejadian yang sudah maupun sedang terjadi, baik di dalam maupun luar negeri. Kesimpulannya, dari temuan konteks, kolokasi, satire, serta pola pembentuk kelucuan, empat temuan tersebut saling mendukung dan berkaitan dalam penginterpretasian makna di balik status Twitter Liputan9.

The focus of this study is about the use of context, collocation, and the meaning of satire inflicted on the status of Liputan9 Twitter account. The purpose of this study was to explain and describe the usage context and collocation of each status of Liputan9 Twitter account. Then, examining the meaning of satire arising from the combination of both factors. The research method used was a qualitative method. The theory used in this research is the theory of context by Joan Cutting, collocation theory of Halliday and Hasan, and Gorys Keraf theory about satire. The results of this research are: aspects of humor became a formula that must exist on each status of Liputan9 Twitter account, because its account contains a parody about the events that have been and is going on, both at home and abroad. In conclusion, the findings of the context, collocation, satire, and humor-forming pattern, all of it are making connection to each other and became the ways to interpret the meaning of behind the status of Liputan9 Twitter account.

 File Digital: 1

Shelf
 S44415 Wacana status.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S44415
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 108 hlm. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S44415 14-23-12277080 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20331903
Cover