UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Cost-Benefit pada pemasangan Lock Out-Tag Out (LOTO) untuk pengendalian risiko keselamatan pada pekerjaan maintenance di PT Kalbe Farma Tbk. tahun 2012 = Cost-benefit analysis in LOTO implementation to decrease maintenance job safety risk at PT Kalbe Farma Tbk. in 2012

Agung Supriyadi; Hendra, supervisor (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Skripsi ini membahas proyek pengadaan LOTO untuk seluruh mesin produksi PT Kalbe Farma Tbk. yang belum dapat terlaksana karena belum adanya informasi yang cukup tentang manfaat (benefit) pemasangan LOTO dari biaya pengadaan (cost) LOTO yang besar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar manfaat dalam sisi ekonomi dari pengurangan risiko keselamatan pada pekerjaan maintenance dengan menggunakan LOTO. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan analisis risiko semikuantitatif serta perbandingan cost dari biaya yang diperlukan untuk mengurangi risiko dengan benefit dari keuntungan langsung atau tidak langsung yang didapat karena risiko dapat berkurang. Hasil penelitian menyarankan bahwa proyek pengadaan LOTO untuk semua mesin di area produksi PT Kalbe Farma segera dilaksankan karena risiko keselamatan pekerjaan maintenance mesin di area produksi adalah 225-450 (priority 1-very high), nilai Rasio BC (benefit-cost) adalah 1.79 untuk mesin-mesin dengan risiko terjepit/terpotong dan 5.66 untuk mesin-mesin dengan risiko kematian (BC>1) sehingga pengendalian risiko keselamatan kerja dengan LOTO layak untuk dilakukan, serta estimasi penurunan kerugian dari turunnya risiko keselamatan kerja dengan menggunakan LOTO adalah Rp. 98.072.820,00.

The focus of this study is LOTO project for all of production machines at PT Kalbe Farma Tbk. that have not be implemented yet since there is no information regarding benefit from LOTO implementation that produces big cost. The purpose of this study is to know how much economical benefit of LOTO implementation in decreasing safety risk. The study used descriptive analytic with semi-quantitative risk assesment approach and comparison between cost from LOTO implementation and benefit from risk decreasing. The researcher suggest that the company should implement LOTO soon since the result of maintenance working risk assesment is 225-450 (priority 1-very high), benefit-cost ratio is 1.79 for non-death risk machine and 5.66 for death risk machine (Rasio BC >1) which means LOTO implementation can be done, and estimation of loss decreasing from risk decreasing using LOTO is Rp. Rp. 98.072.820,00.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Agung Supriyadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 111 hlm. : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-23-97012131 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20332063
Cover