Bus sekolah dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dijalan, sehingga dapat mengurangi kemacetan di Jakarta. Bus sekolah di DKI Jakarta beroperasi di sembilan rute dengan jumlah bus setiap hari sebanyak 44 kendaraan. Namun sampai saat ini masih memiliki beberapa permasalahan diantaranya pada kapasitas yang tersedia sebagian lebih banyak dan sebagian lagi kurang dibandingkan demand pelajar menggunakan bus sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya kajian untuk mengetahui efektivitas pengoperasian bus sekolah yaitu dengan metode survey menggunakan kuisioner tertutup dan dilakukan terhadap pelajar pengguna bus sekolah. Kajian terbatas terhadap rute Pasar Minggu ? Lenteng Agung dan Pondok Kopi ? Pulo Gadung. Analisis dengan menggunakan perangkat lunak statistik.
Menganalisis data dengan metode statistik deskriptif, yaitu korelasi dan regresi linier. Hasil analisis rute Pasar Minggu - Lenteng Agung menunjukkan bahwa variabel kehandalan yang paling berpengaruh kuat. Sedangkan yang paling berpengaruh kuat untuk rute Pondok Kopi - Pulo Gadung adalah variabel kenyamanan. Maka hasil dari kajian efektivitas pengoperasian bus sekolah kedua rute dikatakan efektif dari sisi pelajar yaitu sebagai pengguna bus sekolah. Dibandingkan antara kedua rute dan yang paling efektif adalah rute Pondok Kopi ? Pulo Gadung.
School buses can reduce the use of private vehicles on the street, so it can reduce traffic congestion in Jakarta. A number of school buses operated in Jakarta for nine routes are 44 buses per day. However, until now the school buses overcome some problems such as on the available capacity that are some more and some less than the demands of the students using school buses. Therefore, this study is needed to determine the effectiveness of school buses operation by doing survey method that using a closed questionnaire system which is conducted for the student that used school buses. The study restricted to the Pasar Minggu ? Lenteng Agung route and Pondok Kopi ? Pulo Gadung route. Analyze by statistical software.
Analyzing data with the descriptive statistic methods are correlations and linear regression. The results of the analysis for Pasar Minggu - Lenteng Agung route indicated that reliability is the most influential variable. While the most influential for Pondok Kopi ? Pulo Gadung route is comfort variable. Thus between of two routes the results of the effectiveness study of school buses operation is effective which is conducted for the student that used school buses. Compared between of two routes the most effective route is the Pondok Kopi ? Pulo Gadung.