Demam berdarah dengue (DBD) di Jakarta Utara memiliki nilai insidens tertinggi di Provinsi DKI Jakarta. Untuk mengurangi ini, masyarakat perlu dibekali dengan pengetahuan mengenai mengontrol vektor dari DBD dengan bantuan para guru. Tujuan dari riset ini adalah untuk mengerti manfaat dari penyuluhan kontrol vektor DBD kepada guru-guru. Riset ini menggunakan perbandingan pre-post sebelum dan sesudah intervensi penyuluhan. Data diambil pada tanggal 22 September 2011. Seluruh guru yang hadir di penyuluhan merupakan sampel dari riset ini. Kuesioner berisi 5 pertanyaan digunakan untuk menguji tingkat pengetahuan dari guru-guru baik sebelum dan sesudah penyuluhan.
Ditemukan dari 82 orang guru yang hadir, yang memiliki tingkat pengetahuan kurang, sedang, dan baik adalah sebanyak 29 orang (35.4%), 35 orang (42.7%), and 18 orang (22%) dalam mengerjakan pre-test. Ditemukan bahwa tidak ada hubugan antara karakteristik demografik dengan tingkat pengetahuan para guru. Setelah diberikan intervensi penyuluhan yang memiliki tingkat pengetahuan kurang, sedang, dan baik adalah sebanyak 4 orang (4.9%), 16 orang (19.5%), and 62 orang (75.6%).
Uji statistik menggunakan Marginal Homogeneity menunjukkan bahwa ada perubahan yang signifikan antara tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan. Dapat disimpulkan bahwa penyuluhan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai kontrol vektor DBD dari guru-guru yang diharapkan dapat disalurkan kepada murid-muridnya dan lingkungan sekitar.
Dengue haemorrhagic fever (DHF) in North Jakarta has the highest number of incidences in DKI Jakarta. To reduce this, the society has to have proper education about DHF vector control.The purpose of this research is to understand the benefit of a health education of DHF vector control. This research uses pre-post study and the data collection was done on September 22nd, 2011. All the private teachers who attend the health education are all subjects. They were given questionnaires of 5 questions about DHF vector control prior and after intervention. The data was processed by using SPSS 11.5. The result of the test from 82 respondents shows that people with poor, moderate, and good knowledge levels are 29 people (35.4%), 35 people (42.7%), and 18 people (22%) during the pre-test. The knowledge level doesn?t correlate with the demographic characteristics. After the intervention was given, people with poor, moderate, and good knowledge levels are 4 people (4.9%), 16 people (19.5%), and 62 people (75.6%). Analysis with marginal homogeneity proves that there are significant difference between the knowledge level before and after the intervention (p<0.01). In summary, health education improves the knowledge level of DHF vector control of the private teachers.