UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Danau Tutupan : suatu pranata pengelolaan sumberdaya perikanan oleh komunitas lokal di Desa Jelemuk, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat = Danau Tutupan : an institutions of fisheries resources management by local communities in Desa Jelemuk, Kapuas Hulu, West Borneo

Syarifudin; Prihandoko Sanjatmiko, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Skripsi ini menguraikan pengelolaan sumberdaya perikanan oleh komunitas lokaldi Desa Jelemuk Kecamatan Bika Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Pengelolaan sumberdaya didasarkan pada aturan-aturan yang berasal dari luar komunitas, beberapa aturan bisa berhasil diterapkan dan beberapa tidak berhasil diterapkan. Fokus skripsi ini pada penyebab penerapan aturan baru yang berhasil dan tidak berhasil. Keberhasilan penerapan aturan terjadi karena hukuman sosial berupa rasa malu dan keinginan komunitas untuk melindungi sumberdaya dari orang luar desa. Ketidakberhasilan terjadi karena aturan tidak sesuai dengan kondisi sosial di Desa Jelemuk. Rasa kebersamaan yang didasarkan pada kekerabatan dan pertemanan yang terjalin diantara warga desa menyulitkan penerapan aturan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara wawancara dan observasi partisipasi.

This thesis describes fisheries resource management done by local community in Desa Jelemuk Kecamatan Bika Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Resource management is based on regulations which come from outside community. This thesis’ focus is the cause of succesful and unseccesful application of the new regulations. The succesful application of new regulations happened due to social punishment in the form of embarashment feeling and community desire for keeping its resources away from outsiders. The unsuccesful application of the regulations occured because the regulations do not suitable with Desa Jelemuk social condition. Togetherness feeling relied on kinship and frienship woven between vilage citizen harden the application of the new regulations. This reseach equips qualitative method using interview and participatory observation.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Syarifudin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 64 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-90496700 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20332242
Cover