UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Konversi Glukosa dari Selulosa Alang-alang (Imperata cylindrica) menjadi Asam Levulinat dengan Katalis Mn/ZSM-5 Mikropori = Conversion of Glucose from Cellulose of Cogongrass (Imperata cylindrica) to Levulinic Acid with Micropore Catalyst Mn/ZSM-5

Anggied Pramudhito Aryadi; Endang Saepudin, supervisor; Yuni Krisyuningsih Krisnandi, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Asam levulinat telah diidentifikasi sebagai bahan kimia menjanjikan yang berasal dari biomassa. Konversi glukosa dari selulosa alang-alang (Imperata cylindrica) menjadi asam levulinat dalam sistem mirip Fenton dengan katalis Mn/ZSM-5 dan asam fosfat telah dilakukan. Sistem mirip Fenton yang terdiri dari H2O2 dan Mn/ZSM-5 dalam kombinasi dengan asam fosfat, terbukti efektif dalam reaksi dehidrasi glukosa dari selulosa alang-alang menjadi asam levulinat. Dari hasil yang diperoleh, jumlah dan persentase yield asam levulinat yang terkonversi semakin lama semakin bertambah seiring dengan meningkatnya waktu reaksi dan konsentrasi Mn pada katalis ZSM-5.

Levulinic acid has been identified as a promising biomass-derived platform chemical. The convertion of glucose from cellulose of cogongrass (Imperata cylindrica) under heterogeneous Fenton-like system with catalyst Mn/ZSM-5 and phosphoric acid media have been investigated. The Fenton-like system, comprising of H2O2 and Mn/ZSM-5 in combination with phosphoric acid, can be effectively used in dehydration reaction of glucose from cellulose of cogongrass to levulinic acid. The results showed that longer the reaction time and the higher the Mn concentration, the higher the levulinic acid formed.

 File Digital: 1

Shelf
 S44738-Konversi glukosa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S44738
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 44 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S44738 14-22-82813385 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20332340
Cover