Skripsi ini bertujuan untuk meneliti komik anak terjemahan berjudul Hai, Miiko! yang menyumbangkan informasi positif bagi anak-anak yang membacanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan struktral, yaitu menganalisis karya melalui strukturnya, seperti unsur penokohan, tema dan amanat, yang kemudian dikaitkan dengan teori bacaan anak tentang kriteria umum dan sifat khusus bacaan anak.
Penulis menemukan bahwa ada kecocokan tema, gaya penyampaian cerita, dan fungsi terapan dari komik tersebut bagi kebutuhan anak-anak. Dengan adanya penelitian ini, akan menunjukkan bacaan yang seperti apa sajakah yang memiliki informasi dan cocok diberikan untuk anak-anak, terutama terkait bacaan bergenre komik.
This thesis is purposed to research a translated comic titled Hai, Miiko! that gives the positive informations to children who read the comic. The analysis is using qualitative methode, with structural approach which is analyze the literature from the structure, such as the characterization, theme, and the message in it, which later will be attached to the theory of children literature about the general criteria and specific characteristics of children?s literature.
The writer found that there are the compatibilities in theme, the direct writing style, and the additional functions from this comic to children needs. By the existing of this research, will show what kind of literature that informative and suitable for children, especially, in comic genre.