UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Analisis revitalisasi balai latihan kerja = Analysis revitalize vocational training centre

Christian Kastanja; Chandra Wijaya, supervisor; Zainul Hidayat, examiner (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Fokus di dalam penelilian ini adalah Revilalisasi Dalai Latihan Kcqiu. Ilal ini terkait dengan pcmn dan fungsi Bl,K_scbagni lcmbuga pelalihan kcrja yang melaksanakan pelatihan bagi masyarakat pencan untuk mcmpcrsiapkun mereka memasuki pasar kcrja, maupun bagi mereka yang sudah bekerja. Penelitian ini menggunakan tcori revitalisasi yang dikcmukakan oleh Gouillart dan Kelly dalam bukunya yang berjudul Tranqforming The Organization. Rcvitulisasi organisasi menurur Gnuillan dan Kelly adalah perubahan organisasi yang ditujukan untuk memacu pertumbuhan organisasi dengan cara menyelaraskan organisasi dengan lingkungannya. Keselarasan organisasi dengan lingkungannya dapal dicapai melalui pencapaian fokus pasar, penciptaan bisnis bam, dan merubah aturan main melalui teknologi infonnasi.
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, ditcmukan bahwa adanya kondisi yang membuat BLK tidak dapat menjalankan fungsi dan pcrannya sebagai lembaga pelatihan kerja sebagaimana mestinya untuk mempersiapkan tenaga kerja lerampil hal ini hal ini terlelak pada lata kelolah BLK yailu manajemen yang buruk, SDM yang tidak profesional, birokrasi yang berbelit serta kurangnya promosi. BLK sebagai lembaga pelatihan kelja, pelaksana pelatihan kerja belum rnaksimal memberikan manfaatnya karena beberapa hambatan dan kendala yang dihadapi oleh BLK amara lain masalah SDM, serta sarana prasarana Iatihan yang kurang mendukung, program pelatihan yang dijalankan sering tidak sesuai dengan kebuluhan pasar, karena pcnerapan analisa kebutuhan latihan yang belum maksimal, hal ini di sebahkan karena kurangnya promosi dar-i BLK sehingga kurang dikenal dan kurang dipercaya.
Strategi yang digunakan umuk mcmfungsikan kembali BLK sebagai lembaga pelatihan untuk menghasilkan tenaga kenja berkompensi mcliputi stralegi imemal dengan memanfaatkan kckuatan yang ada untuk menghadapi tantangan yang ada, serta strategi ckstemal yaitu melihat dan memanihatkan pcluang yang ada untuk menutupi kelemahan-kelemahan clari BLK.

Focus in this research is Revitalization of Vocational Training Center. lt relates with l3LK'S role and function as institute of job training that perfomt training for seeker society to get things square them on to the market job, and also on their behalf has already worked. This research used revitalization theory from Gouillart and Kelly which is directed to bring near the program with stakeholders environment, young and their youth organization to go by Market Focus Reaching, New Business Creation, and information Technology Using.
Based on the writers research, found that sense condition that makes BLK can't carry on function and its role as institute of job training as it were must it to get things square terampil's labour it lays in to manage BLK which is management which poor, SDM that don?t professional, bureaucracy that winds and its promotion reducing. BLK as institute ofjob training, job training executor not yet maximal give its benefit because umpteen interference and faced constraint by BLK for example problem SDM, and facility training that insufficiently backs up, training program that is carried on oiten in conflict with market requirement, since training need analysis implement that was not maximal, it at causes since its promotion reducing from BLK so less recognised and less trusted.
Strategy that is utilized for vitalization is back BLK as institute of training to result prolesionaI's labour cover internal strategy with utilize aught force to face challenge of aught, and extemal strategy which is sees and utilize aught opportunity for imbricate weaknesses Hom BLK.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T32090
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 130 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T32090 15-19-076131839 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20332692
Cover