Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Breast cancer and depression: issues in clinical care

([Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Regional Institute of Medical Sciences, Imphal, India. Department of Psychiatry], 2012)

 Abstrak

Pasien dengan kanker payudara banyak yang mengalami gangguan dan hampir seluruhnya mengalami depresi yang dapat memperberat gejala fisik, meningkatkan gangguan fungsional, dan membuat kepatuhan berobat menjadi rendah. Kami melakukan tinjauan pustaka yang tersedia di PubMed tentang prevalensi, besar gangguan, kemampuan coping, dan metode penatalaksanaan depresi berat pada wanita dengan kanker payudara dari tahun 1978 sampai 2010. Diagnosis dan penatalaksanaan episode depresi pada wanita dengan kanker payudara merupakan tantangan karena gejala yang tumpang tindih dan kondisi penyerta. Depresi berat sering disepelekan dan penatalaksanaan tidak adekuat pada pasien kanker payudara. Tinjauan ini menekankan pada masalah dalam identifikasi dan pengelolaan depresi pada pasien kanker payudara dengan latar klinis.

Abstract
Many of breast-cancer patients experience distress and most of them experience depression which may lead to amplification of physical symptoms, increased functional impairment, and poor treatment adherence. We did a review on available literature from PubMed about prevalence, distress magnitudes, coping styles, and treatment methods of major depression in women with breast cancer from 1978 to 2010. Diagnosis and treatment of depressive episodes in women with breast cancer is challenging because of overlapping symptoms and co-morbid conditions. Major depression is often under-recognized and undertreated among breast cancer patients. This review highlighted the issues on identifying and managing depression in breast cancer patients in clinical settings.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Regional Institute of Medical Sciences, Imphal, India. Department of Psychiatry], 2012
Sumber Pengatalogan :
ISSN :
Majalah/Jurnal : Medical Journal of Indonesia
Volume : Vol. 21, No. 4, November 2012: 240-246
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik : http://mji.ui.ac.id/v2/?page=journal.detail2&id=582
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Fakultas Kedokteran UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20333038
Cover