Tesis ini membahas mengenai penghitungan value dari Facebook, Inc. saat melakukan penawaran saham perdana di bursa saham. Penggunaan internet sebagai platform dalam menghasilkan pendapatan memberikan tantangan tersendiri dalam melakukan valuasi bagi perusahaan semacam ini. Pada dasarnya, semua aspek fundamental dari valuasi tetap berlaku. Penelitian ini menggunakan fungsi logistik untuk memproyeksikan pertumbuhan pengguna Facebook serta pendapatan Facebook, Inc. Untuk komponen cost of equity, penelitian ini menggunakan Model Tiga Faktor Fama/French. Tiga skenario dikembangkan untuk mengetahui potensi dari Facebook, Inc. Hasil perhitungan harga wajar saham untuk skenario 1, 2, dan 3 adalah $14.24, $19.04, dan $25.00 masingmasing.
The purpose of this thesis is to determine the value of Facebook Inc. at the time of its initial public offering (IPO). Its use of internet as platform to generate revenue has poses several challenges in valuing this kind of firm. However, every fundamental aspects of valuation also holds true for internet firms. This research used logistic function to project user growth and hence Facebook Inc. revenue. For cost of equity component, this research used Fama/French Three Factors Model. Three scenarios are developed to examine the potentials of Facebook, Inc. The value per share under scenario1, 2, and 3 are $14.24, $19.04, and $25.00, respectively.