Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Student perceptions? of the educational environment in the midst of curriculum change

([Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia], 2008)

 Abstrak

Kurikulum Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengalami perubahan besar pada tahun 2005. Suatu evaluasi terhadap atmosfir pendidikan dalam kurikulum baru perlu dilaksanakan, sebagai bagian dari keseluruhan proses evaluasi kurikulum. Pada bulan Juni 2007, instrumen Dundee Ready Education Environment Measure (DREEM) diberikan kepada 210 mahasiswa tingkat dua yang mengikuti kurikulum baru dan 259 mahasiswa tingkat tiga yang menjalani kurikulum lama, untuk menilai persepsi mahasiswa terhadap atmosfir pendidikannya. Salah satu perbedaan yang signifikan antara persepsi kedua kelompok mahasiswa adalah terdapat lebih sedikit masalah menyontek di tingkat dua, namun penjadwalan kegiatan di tingkat tiga lebih baik. Profil persepsi mahasiswa dari kedua kelompok yang hampir sama mengindikasikan bahwa atmosfir pendidikan dalam kurikulum baru belum meningkat secara signifikan. Hal ini erat hubungannya dengan permasalahan dalam manajemen dan organisasi aspek detail kurikulum baru. Institusi pendidikan perlu menilai kembali persepsi mahasiswa setelah kurikulum baru sudah lebih terinternalisasi.

Abstract
The Faculty of Medicine University of Indonesia underwent a major curriculum reform in 2005. There is a necessity to evaluate the new curriculum?s educational environment, as a part of the curriculum evaluation. In June 2007, the DREEM (Dundee Ready Education Environment Measure) was administered to 210 second year students with an innovative curriculum and 259 third year students with the more traditional curriculum, to measure the students? perceptions of the educational environment. One of the most significant differences between the perceptions of the two groups is that there are less cheating problems in the second year, but the third year is better timetabled. The almost similar profiles indicate that the new curriculum?s educational environment has not improved significantly. It is related with problems in managing and organizing the new curriculum?s detail aspects. The institution needs to re-evaluate the perceptions of the educational environment when the curriculum is more internalised.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia], 2008
Sumber Pengatalogan :
ISSN :
Majalah/Jurnal : Medical Journal of Indonesia
Volume : Vol. 17, No. 1, Januari 2008: 57-63
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik : http://mji.ui.ac.id/v2/?page=journal.detail2&id=233
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Fakultas Kedokteran UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20333646
Cover