ABSTRAKRumah Sakit Ibu dan Anak Puspa Husada saat ini masih
menerapkan pelayanan administrasi secara manual baik dari pengumpulan data
pasien, pengumpulan tagihan pasien, serta perhitungannya. Hal ini dinilai kurang
efektif karena mengakibatkan waktu pelayanan yang lama, terutama bagi pasien
rawat inap. Rumah Sakit Ibu dan Anak Puspa Husada bermaksud
mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) secara
bertahap yang dimulai dari computerized billing system pada instalasi rawat inap.
Billing system yang tepat waktu dan akurat sangat dibutuhkan untuk
meningkatkan pelayanan kesehatan yang efisien karena Rumah Sakit ibu dan
Anak Puspa Husada merupakan rumah sakit swasta, yang sangat bergantung pada
revenue pasien.
Tujuan: Menyusun disain computerized billing system pada instalasi rawat inap
Rumah Sakit Ibu dan Anak Puspa Husada untuk mendukung kepuasan pasien
terhadap pelayanan kesehatan
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan pendekatan
kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai Rumah Sakit Ibu dan
Anak Puspa Husada yang berkaitan dengan sistem billing rawat inap, yaitu:
Direktur Keuangan, petugas loket pendaftaran rawat inap. petugas administrasi
billing di ruang rawat inap, petugas administrasi instalasi farmasi, petugas
administrasi instalasi laboratorium, dan petugas administrasi instalasi radiologi.
Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara
dan alat perekam suara.
Hasil: Pengembangan computerized billing system yang dilakukan di Rumah
Sakit Ibu dan Anak Puspa Husada dimulai dengan melakukan analisa sistem yang
berjalan saat ini, spesifikasi kebutuhan sistem, serta perancangan sistem yang
meliputi hardware, software, dan brainware. Disain usulan computerized billing
system Rumah Sakit Ibu dan Anak Puspa Husada dimulai dengan satu modul
administrasi rawat inap dan dibangun dengan spesifikasi access project yang
merupakan aplikasi microsoft access yang menggunakan database MySQL server.
Kesimpulan: Manajemen Rumah Sakit Ibu dan Anak Puspa Husada telah
mengembangkan computerized billing system. Program pengembangan tersebut
merupakan upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada pasien dan
keluarga pasien. Pengembangan computerized billing system baru diterapkan di
instalasi rawat inap berdasarkan banyaknya keluhan mengenai lamanya waktu
tunggu pembayaran tagihan pasien saat hendak pulang setelah dirawat. Untuk
menunjang implementasi maka perlu dipersiapkan kemampuan sumber daya
manusia, pemeliharaan sistem, dan usaha pengembangan sistem.
ABSTRACTStill today Puspa Husada Mother and Child Hospital manually
administered serviced on collecting, gathering, and calculating patient bills. The
less effective services caused longer time services, especially for inpatient
installation. Puspa Husada Mother and Child Hospital intend to develop Hospital
Management Information system gradually, starting from computerized billing
system at inpatient installation on time and accurate billing system is well needed
to efficiently increased healthcare services in Puspa Husada Mother and Child
Hospital, a small private hospital who depends on the patients revenue.
Objectives: To develop computerized billing system at inpatient installation in
order to support healthcare satisfaction Puspa Husada Mother and Child Hospital.
Method: A descriptive method with a qualitative approach being held with these
researches. Informant in these research are employee at Puspa Husada Mother and
Child Hospital that connected and linked with Hospital billing system; Finance
Director, officer at inpatient registration, billing administration, pharmaceutical
administration, laboratorial administration, and Radiology administration.
Instrument been used contain written and recording interview.
Result: The development of computerized billing system in Puspa Husada
Mother and Child Hospital started by Analyzing system that rolled before until
recent, and system design that included the environment system necessity;
hardware, software, and brainware. Proposal design of computerized billing
system of Puspa Husada Mother and Child Hospital began with the development
of an administration inpatient module and build with access project which was
Microsoft access that used MySQL server.
Conclusions: The management of Puspa Husada Mother and Child Hospital had
developed computerized billing system. The program was an attempt to enhanced
quality health services to patient and patient family. The development of
computerized billing system at inpatient installation based on many complain
regarding the waiting time for hospital billing at inpatient installation after care.
To support the implementation, It's best to prepare Human Resources, System
maintenance, and the continuing of system development.