UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Komunikasi perawat yang dapat meningkatkan harga diri lansia

Agung Riyadi; Sitorus, Ratna, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Komunikasi merupakan metode utama dalam mengimplementasikan proses keperawatan, karena kepuasan klien terhadap asuhan keperawatan dipengaruhi oleh sikap perawat saat berkomunikasi dengan klien. Pada lansia terjadi penurunan kemampuan berkomunikasi seperti penurunan pendengaran dan komunikasi verbal. Kesulitan ini dapat menyebabkan lansia mengalami gangguan harga diri dan menjadi enggan berkomunikasi serta menarik diri dari lingkungan sosial. Pelaksanaan proses keperawatan pada lansia memerlukan tehnik komunikasi terapeutik yang efektif sehingga dapat menjaga dan meningkatkan harga diri lansia. Namun dalam kenyataannya hal ini belum dapat diterapkan secara utuh.
Memperhatikan hal tersebut peneliti tertarik unluk mengidentifikasi komunikasi perawat yang dapat meningkatkan harga diri lansia. Penelitian ini menggunakan metode deskripitif eksploratif kepada 30 orang responden Iansia yang tinggal di PSTW Budi Mulia Pasar Rebo Jakarta Timur.
Setelah dilakukan pengumpulan dan pengolahan data terhadap 30 kuesioner didapatkan hasil sebagai berikut : dari 20 item pertanyaan mengenai komunikasi yang membuat lansia merasa dihargai, 56,7% Iansia berada pada rentang nilai antara 38 - 41 yang bermakna bahwa lansia merasa komunikasi perawat sangat meningkatkan harga dirinya. Secara rata - rata seluruh jawaban responden memperoleh nilai 37,23 yang juga bermakna bahwa rata - rata lansia merasa komunikasi perawat meningkatkan harga dirinya.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa tehnik komunikasi terapeutik yang efektif dari perawat baik verbal maupun nonverbal dapat meningkatkan harga diri lansia terutama yang tinggal di panti - panti sosial yang rata - rata mengalami gangguan komunikasi sehingga tujuan pelayanan keperawatan dapat dicapai secara optimal.

 File Digital: 1

Shelf

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5011
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 30 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5011 16-20-743152301 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20337792
Cover