UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Asuhan keperawatan klien dengan tuberkulosis

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Penyakit TBC atau tuberkulosis masih merupakan penyakit yang sangat tinggi diderita oleh penduduk di dunia dan terutama negara yang sedang berkembang termasuk di Indonesia. Penyakit tuberkulosis adalah penyakit menular dimana penularannya melalui udara. Sehingga saat seseorang menghisap droplet yang mengandung kuman mycobacterium tuberculosis dan kuman tersebut menginfeksi paru-paru, maka orang ini positif terinfeksi TBC.
Seseorang yang telah terinfeksi akan terus aktif menularkan pada orang lain, dimana diperkirakan orang ini mampu menularkan pada sedikitnya 10 sampai 15 orang tiap tahunnya. Untuk itu sebagai bagian integral dan profesi kesehatan, perawat perlu untuk melakukan upaya dalam menurunkan angka kegagalan penanganan pasien TB dengan cara meningkatkan kualitas asuhan keperawatan klien dengan TBC selain mendapatkan pengobatan TBC yang efektif.
Rencana asuhan keperawaran pasien TBC merupakan suatu pendekatan proses pemecahan masalah untuk menangani pasien TBC. Tahapan proses asuhan keperawatan dimulai dengan pengkajian keperawatan, dimana didalamnya dielaborasi pengkajian fisik dan diagnostik. Kemudian penegakan diagnosa keperawatan beserta data dan tujuannya. Intervensi mandiri dan kolaborasi dibuat untuk menyelesaikan masalah keperawatan pasien TBC yang muncul. Untuk mengetahui perkembangan kasus pasien TBC ini diperlukan evaluasi untuk menilai keberhasilan capaian dari tiap masalahnya. Dengan pelaksanaan asuhan keperawatan pasien TBC sesuai dengan standar, diharapkan angka insiden pasien TBC dan angka kematian pasien TBC akan dapat menurun.

 File Digital: 1

Shelf
 Agung Waluyo - Asuhan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-Pdf
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : i, 13 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20337795
Cover