UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Konsep pelayanan paliatif pasien HIV/AIDS

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Jumlah penderita yang terinfeksi HIV/AIDS di dunia tiap tahunnya meningkat, termasuk cara penularannya yang terus berubah dimana hal ini sangat dipengaruhi oleh perubahan budaya yang terjadi di masyarakat. Sehingga sebagian ahli melihat HIV/AIDS bukan hanya sebagai penyakit infeksius namun juga termasuk penyakit masyarakat (Ankarh, 1991, Bennett, 1987).
Di Indonesia jumlah penderita terus bertambah, dari perkiraan jumlah penderita HIV/AIDS sekitar 80.000 orang 9UNAIDS, 20030. Jenis penyebaran HIV/AIDS yang semula banyak diakibatkan dari hubungan seksual bebas, 3 tahun belakangan ini diperkirakan telah berubah menjadi penularan melalui jarum suntik pada pengguna Narkoba seperti terdapat pada laporan perkiraan kasus-kasus HIV/AIDS yang dilansir dari UNAIDS.
Di dunia diperkirakan sekitar 60 juta orang terinfeksi HIV dan 22 juta di antaranya meninggal karena AIDS, dan AIDS merupakan penyebab kematian utama di afrika (UNGASS, 2001). Usaha yang telah diupayakan seperti program penyuluhan di tempat-tempat berisiko tinggi seperti lokalisasi, sekolah-sekolah dan telah dapat sedikit menurunkan angka pasien yang terinfeksi HIV. Namun penurunan angka kesakitan/jumlah penderita HIV harus pula diikuti dengan upaya pemberian pelayanan kesehatan terutama pada pasien-pasien HIV yang telah masuh stadium AIDS (Stjernsward J., Pampallona S., 1998).
Kondisi pasien HIV yang telah masuk tahapan AIDS lebih banyak membutuhkan pelayanan yang dapat meringankan gejala yang muncul. Pelayanan kesehatan yang memungkinkan untuk meringankan gejala adalah pelayanan paliatif. Pelayanan paliatif dapat diberikan pada tiap tatanan pelayanan kesehatan dimana pasien-pasien AIDS berada. Pelayanan ini pun dapat meningkatkan kualitas hidup bukan hanya penderitanya namun juga anggota keluarganya.
Untuk itu makalah ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang konsep pelayanan paliatif dan aplikasi pelayanan paliatif bagi pasien HIV/AIDS. Secara sistematis akan dibahas definisi, filosofi dari pelayanan paliatif, lingkup pelayanan paliatif, gejala umum yang terjadi, hal yang umum diperlukan pasien, prinsip-prinsip penanganan gejala pasien AIDS dan upaya meningkatkan pelayanan paliatif.

 File Digital: 1

Shelf
 Agung Waluyo - Konsep.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-Pdf
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : i, 12 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20337798
Cover