UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Peningkatan kualitas pelaksanaan terapi aktivitas kelompok (TAK) di ruang srikandi Rumah Sakit DR. Marzoeki Mahdi Bogor

Ani Ristrianawati; Fenti Dewi Pertiwi; I Ketut Sudiatmika; Suliyanti; Wiwi Winarti; Wastati; Daulima, Novy Helena Catharina, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Mahasiswa profesi manajemen keperawatan bersama dengan perawat dari ruang srikandi sepakat untuk menyelesaikan masalah kurang efektifnya TAK. Hal ini didukung dengan data : 91% responden menyatakan merasa perlu adanya variasi baru dalam pelaksanaan TAK. HasiI wawancara dengan karu dan perawat ruangan menyatakan perlu adanya modifikasi pelaksanaan TAK karena perawat dan klien sudah sering melaksanakan TAK dengan jenis yang sama secara berulang-ulang sehingga menimbulkan kejenuhan terutama klien yang sudah lama dirawat. Hasil analisis studi dokumentasi (pencatatan di buku TAK) , dari tanggal 01 - 15 Desember 2004, didapatkan 86% jenis TAK yang dilaksanakan kurang tepat dengan masalah keperawatan yang dialami oleh klien. Upaya yang dilakukan untuk penyelesaian, adalah sebagai berikut:
(1) Penyegaran TAK (Aspek Kognitif). Metode evaluasi yang digunakan adalah test tertulis dalam bentuk pre test dan post test, dengan kriteria hasil pretest : nilai rata-rata = 60, dan post test = 75;
(2) Role Play TAK modifikasi (Aspek Psikomotor) rencana dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2004, pukul 13. 30 - 15.00 di ruang Srikandi. Metode evaluasi yang di gunakan adalah simulasi dengan menggunakan format supervisi kegiatan TAK, dengan kriteria hasil simulasi mencapai nilai rata- rata = 75.
(3) Demonstrasi TAK modifikasi di ruang Srikandi (Aspek Afektif), rencana dilaksanakan langgal 29-31 Desember 2004, setiap jam : 09.00-10.00 , di ruang Srikandi. Metode evaluasi yang digunakan adaIah Supervisi dengan menggunakan format supervisi dengan kriteria evaluasi mencapai nilai rata-rata : 80.
Hasil yang dicapai setelah implementasi dilaksanakan, yaitu: HasiI evaluasi pre test mencapai nilai rata-rata: 70 dan nilai post test mencapai nilai rata-rata: 76, hal ini menunjukkan peningkatan pengetahuan sebanyak 6 poin setelah dilakukan penyegaran secara kognitif kriteria hasii pretest : nilai rata-rata = 60, dan post test = 75 Role Play TAK modifikasi ( Aspek Psikomotor), rencana dilaksanakan pada tanggal: 28 Desember 2004, pukul 13. 30 - 15.00 di ruang aula srikandi.
Metode yang di gunakan adalah dengan melakukan simulasi dari beberapa sessi TAK ( 2 sessi TAKS dan Sessi TAK: stimulasi persepsi) yang dilakukan oleh mahasiswa FIK- UI, evaluasi yang digunakan adalah simulasi dengan menggunakan format supervisi kegiatan TAK, dengan kriteria hasil simulasi mencapai nilai rata-rata = 75 Demonstrasi TAK modifikasi di ruang Srikandi (Aspek Afektif), rencana dilaksanakan tanggal 29 - 31 desember 2004, setiap jam : 09.00- 10.00 , di ruang Srikandi.
Metode evaluasi yang digunakan adalah Supervisi dengan mengunakan format supervisi TAK. Hasil evaluasi terhadap perawat di ruang srikandi yang melaksanakan kegiatan TAK, diperoleh nilai rata- rata: 97. Hal ini terlihat satu minggu sebelum penyegaran TAK terhadap perawat ruangan, kehadiran klien rata-rata 80,70% untuk TAK pagi dan 76,32% untuk TAK sore, sedangkan setelah dilakukan modifikasi tingkat kehadiran klien selama satu minggu mencapai 90.36% untuk TAK pagi dan 87,08% untuk TAK sore. Peningkatan kehadiran klien setelah dilakukan modifikasi TAK mencapai 9,66% untuk TAK pagi dan 10,76% untuk TAK sore.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5390
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iii, 19 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5390 16-22-61649016 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20337806
Cover