UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Efektifitas iklan pada situs jejaring sosial (social network site) (sebuah studi pada situs facebook.com)

Amarilis Mihayudati; Firmanzah, supervisor; Adi Zakaria Affif, examiner; Chairy, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Situs jejaring sosial mendapat perhatian yang sangat besar dari pemasang iklan untuk mencapai konsumcn karcna tingginya tratik menuju situs ini. Salah satu situs jejaring sosial yang populer di Indonesia adalah faoebookcom yang bcrada dalam sepuluh besar sims tujuan tcrtinggi di Intemet.
Karena sifat situs jejaring sosial yang unik dalam pengertian bahwa situs ini lebih memungkinkan banyak interaksi anlara para penggunanya maka peneliti tertarik untuk mengkaji efektivitns iklan yang dikenal dengan iklan sosial (social ads) di situs ini. Penelitian dilalcukan terhadap pengguna facebook.com yang bertexnpat tinggal di Indonesia melalui survey online.
Penelitian ini menggunakan model hirarki pengaruh (hierarchy of gfects) iklan. Model dasamya berasal dad Poh dan Adam (2002) yang terdiri variabel laten Sikap terhadap Situs, Sikap terhadap Iklan, Sikap terhadap merek, dan MinatBe1i. Peneliti juga menambahkan model dengan menggunakan model penelitian dari Palanisamy dan Wong (2003) untuk menunjukkan hubungan sikap pengglma terhadap situs jejaring sosial; dan penclitian Watt (2008) yang menunjukkan hubungan antara faktor kegunaan (perceived uswalness) dan sikap tcrhadap sims jejaring sosial.
Pcneliti mcnambahkan model yang sesuai dengan karakteristik situs jejaring sosial yang bersifat komunal dan interaktif dad penelitian Feng dan Li (2006) mengenai pengamh kustomisasi iklan sesuai dengan data dan aktivitas pengguna pada sikap terhadap iklan. Di samping itu penelitian ini juga menggzmakan model dari Tandefelt (2008) mengenai diseminasi iklan untuk melihat hubungan penggunaan pola getuk tular dalam menyebarkan infonnasi iklan di situsjejaring sosial.
Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif dari pendapat rnengenai kegunaan dan keterlibatan pengguna pada sikap terhadap situs jejaring sosial. Hirarki pengaruh iklan juga tcrlihat rnemiliki hubungan positif dalam penelitian ini. Di samping itu faktor kustomisasi iklan dan diseminasi iklan di situs jejaring sosial juga memberikan penganlh positif pada sikap terhadap iklan
So much attention given by advertisers on Social Network Sites (SNS) due to high traffic goes into these sites. One of popular SNS in Indonesia is facebook.com which is within top ten most visited sites in Intemet.
Attracted by uniqueness of SNS in which users can interact each other more compared to other sites in Intemet l decided to do a research on advertising effectiveness on SNS. The research used hierarchy of effects model based on researched by Poh and Adam (2002) in which they used latent variables attitude toward website, attitude toward ads, attitude toward brand, dan purchase intention as indicator to advertising effectiveness on a website.
I use perceived usefirlness and consumer involvement as additional model to picture a relationship between both and attitude toward SNS. Unique to this research is the model that describes relationship between advertising dissemination and customization on attitude toward advenising.
The research show positive relation among its latent variable in advertising hierarchy of effects and positive effect of advertising dissemination and customization on attitude toward advertising.

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xi, 138 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-19-985290518 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20338017
Cover