UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis komponen-komponen kompetensi manajer setingkat Kepala Bagian RSIA Hermina Jatinegara 2007

Yosefa RumbawatiI Indriyani; Yaslis Ilyas, supervisor (Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Kepala Bagian merupakan jabatan yang sangat strategik di RSIA Hermina Jatinegara karena memiliki tanggungjawab tidak hanya terhadap operasional kegiatan-kegiatan di semua urusan atau pun instalasi namun juga harus mengkoordinasi semua Urusan mau pun Instalasi yang berada dalam wewenangnya. Dengan demikian dibutuhkan manajer-manajer yang tidak hanya memahami proses operasional di semuru urusan ataupun instalasi yang menjadi wewenangnya namun namun juga dibutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan konseptual, administratif dan kemanusiaan. Sehingga bila RSIA Hermina Jatinegara ingin terus bergerak maju mencapai bisinya, tidak cukup bila pengangkatan manajer setingkat kapala bagian hanya berdasarkan kebijaksanaan direktur semata. Diperlukan tolok ukur yang berbasis kompetensi sesuai bidang tugas yang akan diemban, agar proses pengangkatan dan pembinaan manajer setingkat kepala bagian ini transparan dan terarah. Di RSIA Hermina Grup, persyaratan kompetensi untuk menjadi manajer setingkat kepala bagian belum ada, yang ada baru persyaratan kompetensi pada lebel pelaksana.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komponcn-komponen kompetensi yang harus dimiliki manajer sctingkat Kepala Bagian di RSIA Hennina Jatinegara tahun 2007. Komponen-komponen tersebut terbagi mcnjadi kompetensi inti {core competency) dan kompetensi spcsifik. Pcnelitian merupakan penelitian kualitatif. Penelitian diiakukan di RSlA Hemtina Jatinegara dari bulan Aprit - Mei 2006. data yang digunakan terdiri darJ data primer yang dipcroleh dari wawancam mendalam (indepth interview) dan F:xperts panel, dan data sekuoder berupn Check list un1nk telaah dokumen yang berkaitan dengan kompetcnsi manajer setingkat kepala bagian di RSJA Hem1ina Jatincgara. lnforman indeplh interview f)i tingkat Grup terdiri dari Direktor Utamdan Kepata Departemen HRO, dan di tingkal ntmah sakit y
Hasil peneiitian menunjukkan Komponen Komptcnsi lnti (Core rompetency) unhtk tiap Manajer setingkat Kepala bagian adalah Kemampuan Wirausaha. Hasil penclitian ini dapat dikembangkan lebih lanjul meojadi Model Kompctcnsi manajer sctingkat kepala bagian, dirnana Model Kompetensi tersebut dapat digunakan scbagai pcdoman pcnyus.unan Program Pcndidikan dan Pclatihan manajer sctingkat kcpala bagian, pcnentuan reward remunerasi dan jenjang karir di RSIA Hermina Jatincgara.

 File Digital: 1

Shelf
 T31644-Yosefa rumbawati indriyani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T31644
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xxvi, 320 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T31644 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20338157
Cover