UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Eksistensi dan keberlanjutan karang taruna (studi pada karang taruna Lubang Buaya dan karang taruna Tampoanas) = Existence and sustainability of youth organization (studi on youth organization "Lubang Buaya and youth organization Tampoanas")

Gandi Purnama; Mochamad Enoch Markum, supervisor; Amy Yayuk Sri Rahayu, examiner; Andreo Wahyudi Atmoko, examiner (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang aspek-aspek yang menyebabkan Karang Taruna Lubang Buaya dan Karang Taruna Tampomas bisa bertahan dan meningkatkan aktivitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatitif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka aspek-aspek organisasi yang menyebabkan KT Lubang Buaya dan KT Tampomas bisa mempertahankan eksistensi dan keberlanjutan organisasinya adalah memiliki visi dan misi yang jelas; memiliki pereneanaan tahunan; adanya kerjasama dan koordinasi yang baik; dan memiliki program yang fokus. Aspek lainnya yang dimiliki oleh KT Lubang Buaya adalah : melakukan monitoring dan evaluasi program yang dilaksanakannya dan kemampuan membangun jaringan. Sumber pendanaan berasal dari proposal-proposal kegiatan yang diajukan ke jaringan atau mitra yang dimiliki oleh karang taruna. Sedangkan aspek yang dimiliki secara khusus oleh KT Tampomas adalah kegiatan berbasis sumber daya lokal seperti kesenian tradisional dan pariwisata. Sumber pendanaan tetap berasal dari pengelolaan daerah wisata yang bekerjasama dengan pemerintah desa dan Perum Perhutani. Kepemimpinan di KT Lubang Buaya dan KT Tampomas memiliki karakteristik : memberikan kereladanan; membangun kepercayaan, memberikan semangat dan membangun kebersamaan; dan mampu mengelola konflik. Ada beberapa karakteristik kepemimpinan berbeda dan hanya dimiliki oleh KT Lubang Buaya, yaitu : memiliki visi yang kuat dan mampu menginspirasikan visinya kepada seluruh anggota; inovatif dan memiliki jiwa entrepreneurship. Anggota KT Lubang Buaya dan KT Tarnpomas memiliki karakteristik memiliki keterikatan yang kuat dengan wilayah tempat tinggalnya, Khusus anggola KT Lubang Buaya memiliki karakteristik tambahan, yaitu : memiliki keinginan untuk berprestasi; memiliki solidaritas pertemanan atau persahabatan; dan memiliki keinginan untuk eksis di masyarakat.

This thesis discusses the aspects that cause the Youth Organization 'Lubang Buaya' and Youth Organization 'Tampornas' can survive and increase its activity. This study used a qualitative approach. Based on researeh that has been done then the aspects of the organization that led youth organizations 'Lubang Buaya' and youth organizations 'Tampomas? can maintain its existence and sustainability of the organization is having a clear vision and mission; has an annual planning; the cooperation and coordination; and has programs that focus. Another aspect which is owned by youth organizations 'Lubang Buaya' are: monitoring and evaluation of programs implemented and the ability to huild networks. The source of funding comes Hom the proposals of tl1e proposed activity to the network or partner owned by the youth organizations. While the aspect that is owned exclusively by youth organizations ?Tampomas' is an activity based on local resources such as traditional arts and tourism. Sources of funding still comes from the management of tourist areas in collaboration with village governments and Perhutani. Leadership at youth organizations 'Lubang Buaya' and youth organizations "Tampomas" characteristics : provide exemplary; build trust; encourage and build up unity, and able to manage conflict. There are several diEerent leadership characteristics and only owned by youth organizations 'Lubang Buaya', namely: having a strong vision and able to inspire his vision to all members; irmovative, and has an entrepreneurship. Members of youth organizations 'Lubang Buaya' and youth organizations 'Tampomas? characteristics have a strong attachment to the arca where he lives. Special youth organizations 'Lubang Buaya' members have additional characteristics, namely: having a desire to excel; have a friendship or Hiendship solidarity, and have the desire to exist in society.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 69 pages ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : UI
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-510143117 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20338257
Cover