UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Perencanaan SDM medis dan keperawatan RSUD H. Abdul Manap Jambi Tahun 2008-2013 = Human resource planning for medical doctors and nurses at RSUD H. Abdul Manap 2008-2013

Ermilda Sriwastuti; Dumilah Ayuningtyas, supervisor; Amal Chalik Sjaaf, examiner; Mieke Savitri, examiner; Sandra Dewi, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Perencanaan SDM Medis Keperawatan RSUD H. Abclul Manap dibutuhkan seba:gai dasar pengambilan keputusan untuk mempersiaplam ketersediaan SDM medis dan keperawatand i RSUB H. Abdul Manap. Dengan perencanaan SDM yang baik dinarapkan dapat ditetapkan jumlah dan kompetensi SDM yang dibutuhkan, pada masa kini maupun masa mendatang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kebutuhan SDM medis dan keperawatan, baik dari segi jumlah maupun kualifikasinya. Penelitian dilaksanakan pada Maret sampai bulan Juni 2008. Hasil penelitian awal adalah diformulasikan visi RSUD H. Abdul Manap, "Menjadi Rumah Sakit bertaraf Internasional" dengan misi (1). Mengupayakan dan mengembangkan pelayanan kesehatan yang bermutu dengan biaya kriteria SDM yang akan diterima, seperti: lulus seleksi penerimaan, pengalaman kerja untuk yang akan menempati posisi struktural, serta sejumlah persyaratan yang berhubungan dengan pendidikan, sikap dan kompetensi.
Untuk menjamin mutu layanan kesehatan di RSUD H. Abdul Manap disarankan agar Pemerintah daerah Kota Jambi merek.rut tenaga profesional rumah sakit dalam jumlah dan jenis yang cukup dengan proporsi tenaga profesional dan non prosfesional 70% : 30% sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal dan bennutu.

Human Resource Planning is needed as the basis to make the decision in preparing the required human resources for Medical Doctors and Nurses at RSUD H. AbdUl Manap. With good human resource planning, it is expected that the required number and competency of the resources can be determined, for recent and future need.
The objective of this research is to detennine the required human resources for experience for the structural positions, and some requirements relating to education, attitude, and competency.
To guarantee the medical service quality at RSUD H. Abdul Manap, it is suggested the local government of the city of Jambi to recruit sufficient hospital professionals, in term of number and classifications, with the ratio between professionals and non-professionals: 70% to 30%, to be able to provide quality.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T20960
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xxii, 171 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T20960 15-19-876694407 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20338516
Cover