UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Analisis pemanfaatan jaringan situs pertemanan multiply.com sebagai medium komunikasi pemasaran di internet

Gayatri Utami; Irwansyah, supervisor; Firman Kurniawan Sujono, examiner; Eduard Lukman, examiner; Andre Hardjana, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Thesis ini membahas tentang analisis pemanfaatan jaringan situs pertemanan MultipIy.com sebagai medium komunikasi pemasaran di internet yang dilakukan oleh kalangan enirepreneur. Topik pembahasan dalam tesis ini dikhususkan pada tiga hal utama, yakni mengetahui implementasi dari bauran pemasaran di intemet yang dilaknkan oleh para entrepreneur, mengetahui pemanfaatan EWOM serta melihat proses pembinaan hubungan yang dilakukan oleh namsumbcr. Kcrangka konseptual yang digunakan untuk menjelaskan ketiga topik pembahasan terscbut dimulai dari konsep komunikasi antar pribadi, kemudian bentuk Iain pemanfaatan janngan situs pertemanan sebagai scbuah peluang bisnis dijelaskan dengan menggunakan konsep bauran pemasaran di internet. Lalu implementasi dari EWOM pada pemasaran yang dilakukan lewat situs Multiply.com. Dan terakhir adalah tahap nurturing relationshzps yang dialami oleh namsumber. Metode penelitian yang dilakukan untuk membahas topik-topik yang telah ditentukan adalah rnetode kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif.
Dari hasil analisa diketahui bahwa situs Multiply.corn memiliki fitur-Etur yang menunjang untuk melakukan promosi, utamanya promosi dari mulut ke mulut melalui internet. Pada tahap pembinaan hubungan, diketahui bahwa proses pemutusan hubungan adalah tahap yang sulit untuk dilakukan pnda pemasaran yang bcrbasis dari mulut ke mulut. Untuk dapat bertahan dalam usaha yang mereka geluti saat ini, ada baiknya entrepreneur mengkombinasikan antara situs yang mereka miliki di Mu1tiply.com dengan situs berbayar pribadi. Sehingga dapat Iebih dipercaya oleh calon konsumennya., namun tetap mendapatkan keuntungan melalui kckuatan jaringan yang dimiliki oIeh Multiply.com.
This thesis research is discussing about the use of social networking site Multiply.com as intemet marketing communications medium who used by entrepreneurs. The object for this research focuses on three main object, that are knowing the implementation of marketing mix on intemet that entrepreneurs does, knowing benefits from EWOM in promotions entrepreneurs doing, and to see the nurturing relationships process happens in prosumen while conduct marketing communications. The conceptual tiamework that used to explain the three main objects beginning from the concept of intrapersonal communication, then another benefits of SNS as business opportunity that used by entrepreneurs by using intemet marketing mix framework. After that, EWOM implementation in marketing cornrmmications that entrepreneurs does. The last one is about nurturing relationships process that entrepreneurs feels of. Research methods held to discuss the three topics is qualitative methods, with research specitied is using descriptions research.
From the research, researcher find that Multiply.com sites have some features which compatiblee for promotion, especially for electronic word of mouth process. In nurturing relationships process, researcher fined that dissolution process is hard to do, especially when the marketing promotion is based on electronic word of mouth. To be exist, it is better for entrepreneurs to combine between a dotcom sites and their Multiply.com account, so they can provide trust for their initial consumer and also still have the benefits of networking they have through Multiply.com.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T33834
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 237 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33834 15-18-658141967 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20338775
Cover