Persaingan yang terjadi dalam dunia pendidikan tinggi mengharuskan lembaga pendidikan tersebut menjadi Iembaga yang aktif, kreatif inovatif dan ikut berperan dalam dinamika perubahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mcndapalkan rancangan Tora! Performance Scorecard pada Progmrn Studi Ilmu Komunikasi yang digambarkan dalam 4 perspektif Balanced Scorecard yaitu: Keuangan, eksternal, internal, dan pengetahuan pembelaiaran. Dan mendapatkan rumusan strategi Fakultas Teknik UNSADA dengan pendekatan Total Perjinrmance Scorecard.
Dari hasil penelitian didapati bahwa rancangan scorecard individu clapat mendukung dan menyelaraskan stmtegi Program Studi, dengan mencapai kesepakatan dad pertemuan dari dua ambisi tersebut dan kompetensi yang hams dimiliki oleh karyawan dan dosen tetap dalam pencapaian target Fakultas Teknik. Hal ini menjamin bahwa seluruh karyawan dan dosen tctap memahami ambisi Fakultas Teknik dan memiliki keterlibatan dalam pelaksanaan strategi tersebut.
During competition era, higher education institution should bc active, creative, innovative, and have role in dynamics situation. The first purpose of this research is for designing Total Perfomance Scorecard in university,speciaIly faculty technic, which is description in four perspectives Balanced Scorecard are: financial, extemal, intemal, leaming and knowledge. The second purpose is formulating of organization strategy with Total Performance Scorecard approach. With result using scorecard design, the mapping strategy and perfomtance planning individual for supporting the organization strategy. Can be constructed design should be deals between two ambitions: individual and organization ambition. And the competence should be haven by individuals, in order to this program and strategy is running well. This ensures that whole employees and faculty member are familiar with the organization ambition and have the involved in the strategy and program.