UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Ketidaksesuaian antara kinerja tutor yang diamati dan yang diharapkan oleh mahasiswa di Fakultas Kedoktcran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”Jakarta = Discrepancies between student expectations and the level of the tutor performance at Faculty of Medicine, University of UPN "Veteran" Jakarta

Nurfitri Bustamam; Yati Istiantoro, examiner (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Latar belakang: Kurikulum bcrbasis kompctcnsi mulai diimplementasikan di Fakultas Kedokteran Universitas Pem bangunan Nasional “Veteran” Jakarta pada tahun akadcmik 2006/2007- Mengingat problem-based learning baru diimplcmcntasikan, pcrlu dilakukan evaluasi sebagai umpan batik bagi institusi. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengevaluasi kinerja tutor dalam menstimulasi proses pembelajaran dalam diskusi kelompok, dan 2) mengevaluasi harapan mahasiswa terhadap kinerja tutor serta pengalaman belajar dan prcstasi akadcmik yang mcmpengaruhi harapan tersebut.
Metode: Pcnelitian ini merupakan penelitian cross sectional mcnggunakan kucsioner yang mendeskripsikan karakteristik mahasiswa dan tutor sorta daftar tilik. Daftar tilik terdiri atas 24 butir yang dikelompokkan kc dalam empat dimensi, yaitu: mendorong claborasi, mcngarahkan proses pembelajaran, mendorong integrasi pengetahuan, serta intcraksi dan tanggung jawab individu. Mahasiswa diminta mengisi daftar tilik yang menggambarkan kinerja tutor yang mereka amati dan hurapkan. Pengisian daflar tilik dilakukan dua kali, setelah fase analisis kasus dan fase melaporkan hasil bolajar mandiri.
HasiI:. Sejumlah 163 mahasiswa dan I6 tutor berpanisipasi dalam penelitian. Terdapat ketidakscsuaian antara kiuerja tutor yang diamati dan yang diharapkan oleh mahasiswa (p < 0,050). Karakteristik mahasiswa (jenis kelamin, umur, pelatihan pcmbelajaran siswa aktif] dan pengalaman belajar siswa aktif di SMA) tidak berkorclasi dengan harapan mahasiswa terhadap kinerja tutor. Namun, prestasi akademik mahasiswa berdasarkan nilai .student oral case analysis (SOCA) mcnunjukkan bahwa mahasiswa yang mendapat nilai 60-95 secara modcrat (77%) mempunyai harapan yang lebih baik terhadap kincrja tutor [risiko relatif = l,77; 95% interval kepercayaan = 0,82-3,78; p =0,l-43] dibandingkan dengan mahasiswa dengan nilai 45-59.
Kesimpulan: Ada ketidaksesuaian antara kincrja tutor yang diamati dan yang diharapkan oleh mahasiswa dalam memfasilitasi pembelajaran dalam diskusi kelompok.

Background: Competency-based curriculum has been implemented in Faculty of Medicine, University of UPN Veteran Jakarta since the academic year 2006-2007. Due to the first time implementation of problem-based leaming, it has to be evaluated as a feedback for the institution. The aims of this study arc: l) to evaluate the level of tutor performance in stimulating learning process in tutorial discussion, and 2) to evaluate student expectations on tutor performance and to identify student’s learning experience and academic achievement which have correlation with the expectation.
Methods: This is a cross-sectional study using a questionnaire describing student and tutor characteristics and checklist about tutor performance. The checklist has 24 items grouped in four dimensions, i.e. elaboration, directing the learning process, integration of knowledge, stimulating interaction and individual accountability. 'I`he students were asked to till out the checklist twice, after the initial case analysis phase and the reporting phase.
Results: A number of l63 students and 16 tutors participated. There are discrepancies between student expectation and the level of tutor performance (p < 0.050). Student‘s characteristic (gender, age, student-centered training, student- centered experienced in high school) were not correlated with the expectation. However, students with the result of student oral case analysis (SOCA) test 60-95 are moderately (77%) have good expectation on tutor performance [risk ratio = l.77; 95% confidence interval = 0.82-3.78; p = 0.l43] compare to students with SOCA 45-59.
Conclusion: There are some discrepancies between student expectation and the level of tutor performance in stimulating learning process in tutorial discussion.

 File Digital: 1

Shelf
 T32043-Nurfitri Bustaman.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T32043
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 45 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T32043 15-23-25629781 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20339636
Cover