UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Ekspresi VEGF-A dan reaksi desmoplastik sebagai faktor potensial progresivitas pada pasien kanker kolorektal usia muda = Expression of VEGFA progressiveness potensial risk factor in young colorectal cancer

Adityawati Ganggaiswari; Siti Boedina Kresno, supervisor; Ening Krisnuhoni, supervisor; Aru Wisaksono Sudoyo, examiner; Asmarinah, examiner; Siregar, Nuryati Chairani, examiner ([Publisher not identified] , 2009)

 Abstrak

ABSTRAK
Latar belakang :
Beberapa data dari luar negri menunjukkan kanker kolorektal predominan terjadi pada populasi usia yang lebih tua (lebih dari 60 tahun). Kanker kolorektal yang terjadi pada usia lebih muda (kurang dari 40 tahun) hanya berkisar antara 3-6%. Dari penelitian terdahulu dilaporkan bahwa kanker kolorektal pada pasien usia muda cenderung memiliki gambaran perilaku tumor yang agresif dengan prognosis buruk. Pada beberapa penelitian, progresivitas dan prognosis yang buruk pada kanker kolorektal, dikaitkan dengan peristiwa angiogenesis. VEGF merupakan salah satu sitokin poten yang terlibat dalam proses angiogenesis seh.ingga tingginya kadar ekspresi VEGF berhubungan dengan progresivitas penyakit yang 1ebih tinggi dan prognosis yang burnk. Cancer-associated stroma mengalami perubahan-perubahan dinamis yang menyerupai reaksi penyembuhan luka, disebut sebagai reaksi desmoplastik. Reaksi ini didukung terutama oleh aktivasi "myofibroblas;'. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa myofibroblas mempuuyai peran untuk roemfasilitasi tumorigenesis dan progresi beberapa karsinoma, dan dikenal sebagai suatu petanda penting yang potensial untuk diagnosis, pengobatan dan prognosis kanker.
Hasil :
Pada penelitian ini terlihat ekspreSi VEGFA tidak berbeda, namun terdapat perbedaan yang bennakna pada reaksi desmoplastik usia muda dibanndingkan pada usia tua. Nampak pula hubungan yang sejaJan antara ekspresi VEGF-A positif kuat dengan reaksi desmoplastik yang keras pada kanker kolorektal usia muda. Hal ini menyokong hepotesa kedua dan ketiga dari penelitian ini.
Kesimpulan :
Progresivitas penyakit yang lebih tinggi dan prognosis yang buruk pada pasien kanker kolorektal usia muda kemungkinan disebabkan oleh faktor-faktor lain selain VEGF, yang masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

ABSTRACT
Some of the data from abroad shows that colorecta} cancer predominantly occurred in the elderly population ( above 60 year) whereas the younger age (less than 40 year) occurred only between 3-6%. From previous research it was reported that colorectal cancer in younger patients apparently have an aggressive tumor behavior with poor prognosis. At several research, progressiveness and poor prognosis of colorectal cancer is connected with the angiogenesis process. VEGF is one of the most potent cytokine which is involved in the angiogenesis process so that the high grade VEGF expression correlated with the higher progressiveness of the disease and poor prognosis. Cancer-associated stroma experiences dynamic alterations which resembles the wound healing reactio11; known as desmoplastic reaction. This reaction is mainly supported by "myofihroblast" activation. Some research indicated that myofibroblast has the role in facilitating tumorigenesis and progression of several carcinoma, and also known as an important marking potential for diagnosis, medication and cancer prognosis.
Result: This research showed no significant difference betvteen the expression of VEGF A at young age and old age, but there is a significant difference in desmoplastic reaction in young age compared to old age.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T32365
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 57 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T32365 15-19-044469476 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20339842
Cover