UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Faktor-faktor yang berhubungan dengan kemampuan adaptasi ibu hamil terhadap Morning Sickness

Eva Sumarni; Daulima, Novy Helena Catharina, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Kehamilan merupakan suatu proses fisiologis yang terjadi pada wanita dimana terjadi pembahan-perubahan pada tubuh wanita baik secara fisik maupun psikologis. Perubahan fisiologis tidak hanya terjadi pada organ-organ reproduksi tetapi juga pada sistem respirasi, traktus urinarius dan sistem pencernaan. Perubahan pada sistem pencemaan diawal kehamilan, ibu hamil akan mengalami mual dan muntah pada pagi hari. Meskipun terbilang wajar, mual dan muntah yang terlalu sering juga dapat membahayakan kondisi ibu dan janin. Dan juga masih adanya ibu hamil yang tidak mampu beradaptasi dengan pembahan ini dan menginginkan untuk mengakhiri kehamilan. Oleh karena im maka peneliti tertarik untuk meneliti faktor-faktor yang berhubungan dengan kemampuan adaptasi terhadap moming sickness.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif sederhana dengan 30 orang responden. Proses pengumpulan data dimulai dengan melakukan perizinan dari bagian akademik sampai membcrikan fomaat persetujuan pada responden dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa kuisioner. Penelitian dilaksanakan selama tiga minggu di RSCM Jakarta. Analisa data dilakukan dengan rnenggmmakan metode statistik tendensi sentral yang diuraikan dalam bentuk tabel frekuensi dan perhitungan nilai rata-rata.
Dari hasil pengolahan data didapaikan bahwa faktor yang berhubungan dengan kemampuan ibu hamil terhadap morning sickness adalah faktor biologis yakni pengetahuan dan faktor sosial yakni pengalaman masa lalu ibu hamil. Penelitian yang dilakukan ini masih memiliki banyak keterbatasan yailu desain, sampel dan instrumen, Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan desainpenelitian yang Iebih komplek dengan sampel yang diperbesar serta instrumen yang kesahihannya lebih tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam ilmu keperawataan saat ini dan yang akan datang.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5206
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 24 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5206 16-22-34331759 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20339943
Cover