UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Government and Entrepreneur Strategies in Facing Free Trade Area on Asia Pacific (FTAAP) Issue through Combined Analytical Hierarchy Process and Game Theory

Marina Novira Anggraini; Maddaremmeng, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Pernbahasan dari penelitian adalah menentukan strategi mana yang lebih pcnting atau utama terkait dengan tujuan dari pemerintah maupun pengusaha dalam menentukan stratcgi terbaik berdasarkan pada kepentinganya dalam menghadapi isu perdagangan bebas di Asia Pasiiik yang saat ini menjadi isu terkini di dalam pembahasan APEC. Penelitian ini mencoba untuk membandingkan strategi terbaik dilihat dari kaca mata pemerintah, pengusaha, akademisi dan LSM. Alcan tetapi, pendapat dari akademisi maupun LSM diarahkan pada dua objektivitas yaitu "pendapar mereka dilihat dari sisi pemerin1ah", dan "pendapai mereka dilihat dari sisi pengusaha". Model dibangun melalui bentuk yang interaktif sehingga masing-masing aktor dapat dimungkinkan untuk mengetahui kemungkinan strategi lain yang dapat dipilih. Penelitian ini menemukan bahwa strategi terbaik bagi pemerintah adalah tetap melaksanakan agenda Bogor Goals, sementara stmtcgi terbaik bagi pengusaha adalah tidak menambahkan masukan lebih lanjut. Aplikasi dari AHP yang dikombinasikan dengan Game Theory untuk mendapatkan pemecahan masalah diuraikan dalam penelitian ini mclalui kerangka pengambilan keputusan yang interaktifl kemudian hasil dari perangkat lunak Expert Choi¢e digunakan sebagai dasar dalam mcnganalisa permasalahan.

This research discusses the most important strategies related to their goals for govemmcnt and entrepreneur, in determining their strategic based on their interests orientation in facing FTAAP issue which become APEC current issue. This study tried to compare best strategies from government, entrepreneur, academician, and NGO's but in this case academician and NGO's judgment are given by looking toward for two objectives which is "his preferences from government side" and "his prrfrrences from entrepreneur side". The model is built in interactive framework where in making decision each actor consider other possible strategic choices. The research found that the best strategy for govemment confronting entrepreneur strategy is keep on track moving toward the Bogor goals, while, in other side the best strategy for entrepreneur conionting government strategy is no further suggestions. Applications of thc Analytical Hierarchy Process (AHP) combined with game theory for solutions of this problem is described in this study through an interactive decision structural model, then the output from Expert Choice are used as based on analysis of the problems.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T34254
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 155 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34254 15-22-41752358 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20340764
Cover