Penelitian ini dilatar belakangi oleh biaya pelayanan kesehatan cenderung meningkat dari tahun ke tahun, melihat data jumlah penduduk DKI Jakarta yang masih banyak (40,20%) belum mempunyai jaminan pemeliharaan kesehatan serta jumlah kunjungan pasien JPK Gakin yang meningkat terutama pada pasien kurang mampu serta data klaim yang ditunda pada tiga tahun terakhir di RSUD Pasar Rebo.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa banyak jumlah dokumen pasien JPK SKTM yang ditunda klaimnya, dokumen apa yang diperlukan pada pasien JPK-SKTM yang akan dirawat, bagaimana hubungan antara dokumen pasien JPK-SKTM dengan klaim yang ditunda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan telaah data sekunder yang dilengkapi dengan wawancara kepada petugas yang berhubungan dengan dokumen klaim.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dokumen yang diperlukan untuk pengajuan klaim ke Dinas Kesehatan Jakarta adalah dokumen surat laminan, dokter, iabomtorium, radiologi, obat, tindakan medik dan PMI/transfusi. Setelah dilakukan analisa ternyata dokumen surat jaminan (19,86%) merupakan faktor utama yang menyebabkan klaim ditunda. Proses pengajuan klaim dilakukan dengan rekapitulasi data setiap bulannya.
Saran yang diberikan kepada pihak rumah sakit evaluasi yang berkesinambungan, dibuatkan cek list sebelum dokuman dilakukan rekapitulasi agar dokumen klaim yang ditunda menjadi lebih sedikit, sedangkan untuk pihak Dinas Kesehatan adalah evaluasi kepesertaan sehingga program jaminan kesehatan dapat tepat sasaran.
This study is based on the actuality cost of health services, which tends to increase tiom year to year, according to the data that the vast majority of population in DKI Jakarta (40.20%) is lack of health care assurance (JPK) as well as the number of patients owners of (JPK Gakin) increase, particularly in patients less able, as well as exposed through suspended claim in the last three years in Pasar Rebo Hospital.
The objective of this study is to determine its documents, the JPK SKTM own by patients, which have been suspended the claim, what factors led to suspend, what document is required at the JPK-SKTM patients to be treated, the relationship between patient?s documents to suspended claim.
This study applies quantitative methods with cross sectional study of secondary data that comes with an interview to the official documents relating to the claim. End result, the document letter of guarantee is the core factor causing suspended claim, in addition to laboratory documents, medicine, radiology, medical resumes and medical action.
Suggestion is given to the hospital, continued evaluation of the hospital, making a check list before the recapitulation of the document, which is aim for suspended claim becomes less, at the same time for the Health Department, is implementing a Jamkesda program.