UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Peningkatan motivasi belajar melalui pengembangan strategi belajar disertai pendekatan positive parenring = Learning motivation improvement by the development of learning strategies followed by positive parenting Approach

Mulyanto; Rose Mini Agoes Salim, supervisor; Gagan Hartana Tupah Brama, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Penelilian ini terimplementasi dalam bentuk intervensi terhadap kasus kurangnya motivasi belajar siswa sekolah menengah pertama kelas dua. Program intervensi yang diberikan adalah pengembangan strategi belajar disertai pendekatan positive parenting. Hasil penelitian ini mengemukakan, pengembangan strategi belajar terbukti cukup efektif meningkatkan empat indikator motivasi yang dikembangkan Schunk dkk (2010), yaitu pilihan lugas, usaha, ketekunan, dan prestasi. Program ini berhasil merubah partisipan menjadi lebih tertarik pada pelajaran setelah mengenali relevansi belajar dengan cita-citanya, memiliki jadwal belajar yang lebih teratur, memiliki teknik belajar, dan lebih tekun serta dapat memberdayakan sumber daya yang tersedia untuk membantunya belajar sehingga prestasi belajarnya meningkat.
Positive parenting berperan sebagai pendekatan sebelum, selama, dan sesudah program pengembangan strategi belajar diberikan pada partisipan. Salah satu tugas utama positive parenting adalah mengajarkan bagaimana belajar. Hal tersebut menjadi pangkal program menjadi kepentingan bersama. Pendekatan ini juga berhasil menstimulasi orang tua menyesuaikan harapan dengan kemampuan anak, melibatkan diri dalam pengawasan pemberian program, dan tidak membanding-bandingkan partisipan dengan orang lain kecuali dengan pencapaian dirinya sendiri dimasa lalu. Oleh karena itu secara keseluruhan, dapat dikatakan bahwa program ini cukup efektif sebagai langkah awal meningkatkan motivasi.

This research was implemented in the form of intervention to instances of lack of student motivation junior high school second grade. Given intervention program is the development of learning strategies with a positive parenting approach. The results of this study suggests, the development of learning strategy proved quite effective in improving the four indicators of motivation developed by Schunk et al (2010), namely choice of tasks, effort, persistence, and achievement. This program succeeded in changing the participant became more interested in the subject after recognized the relevance of his ideals, has a more regular learning schedule, has a learning technique, and more diligent and can empower the available resources to help him learn until his academic achievement increases.
Role of positive parenting as an approach before, during, and alter learning strategy development programs provided to participant. One of the main tasks of positive parenting is to teach how to learn. This becomes the base programs of common interest. This approach was also able to stimulate the parents adjusts their expectation with the child?s ability, involved in the oversight of the program, and do not compare participant with others except with his own past achievements. Therefore, overall, it can be said that the program is quite effective as an initial step to increase motivation.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T33253
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 54 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33253 15-19-593505891 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20341230
Cover