UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Hubungan antara amanah, etos kerja dan profesionalisme pada Rumah Zakat Indonesia= Relation between amanah and work ethic with professionalism at Rumah Zakat Indonesia

Edharmayati Latief; Gagan Hartana Tupah Brama, supervisor (Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Tesis lni membahas profesionalisme dari perspektif psikologi islam. Profesionalisme dapat dijelaskan oleh etos kerja dan perilaku amanah terhadap tanggung jawab tertentu. Oleh karena itu penelitian ini mencoba untuk menggambarkan dan mengukur profesionalisme dari perspektif Islam dan terkait pandangan psikologi Islam dalam untuk berbagai perilaku etos kerja danamanah. Beberapa pendekatan teoritis telah dieksplorasi berkaitan dengan profesional, etos keija dan amanah. Pendekatan teoritis kemudian dibuktikan dengan serangkaian analisis kuantitatif. Sampelnya adalah 93 orang amil zakat sebagai responden dari Rumah Zakat Indonesia telah dikumpulkan untuk mengukur tiga variabel yang disebutkan di atas. Sebuah metode kuantitatif (pengukurannya dengan program SPSS 15,0 for Windows dan Structural Equation Modeling (SEM) dan pengolahan data menggunakan program LISREL 8.80 (Student) digunakan untuk mengukur validitasi korelasi dan regresi telah digunakan.
Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara profesionalisme kalangan praktisi, etos kerja dan amanah. Tapi ketika data dari variabel-variabel ini telah mendapatkan hasil agregasi tampak adanya korelasi, hasil ini juga muncul dalam uji regresi. Namun demikian, dari uji regresi ini diperkirakan telah ada pengaruh yang kuat etos kerja yang tepat, sepcrti disiplin, keseriusan, kejujuran terhadap sikap profesionalisme para amil. Parilaku amanah seperti ibadah dan kadar keyakinan, material dan sikap independen bukan merupakan faktor penting dan tidak signifikan terhadap sikap profesionalisme dari para amil.

This thesis discusses professionalism from Islamic - psychological perspectives. Professionalism can be explained by work ethic and 'amanah' behavior towards a certain responsibility. This study therefore attempt to describe and measure a professionalism from islamic psychological perspective and its related to various work ethic and 'amanah' behavior. Number of theoretical approach has been explored with regards to professional~ work ethic and 'amanah' behavior. This theoretical approach then to be proven by a set of quantitative analysis. A sample of 93 amil zakat respondents from employee of Rumah Zakat has been gathered to capture the three variable mentioned above. A numerous quantitative methods (uses SPSS software version 15.0 for Windows and Structural Equation Modeling (SEM)) and LJSREL 8.8 (student version) for the data mining to measure the data validity, correlations and regressions has been utilized.
The results has shown that there is a significant correlation between professional, work ethic and 'amanah'. But when the data of these variables has been disaggregate the results has been seen a weak correlations, this results also appear in the regressions test Nevertheless. in this regression shows a strong influence of proper work ethic, such as disciplines, seriousness, honesty toward better professionalism of the 'amil', ',Amanah' behavior such a confessions, immaterial behavior, independent, however, seem to be less influence and insignificant to the degree of the amil professionalism.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T33712
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 114 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33712 15-19-958039167 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342190
Cover