Differential Item Functioning (DIF) berdasarkan gender
menjadi topik utama dalam penelitian terhadap tes baterai
multibakat Differential Aptitude Test (DAT). Dalam buku manual
DAT edisi ke-5, (1974) disebutkan terdapat perbedaan penormaan
terhadap kelompok siswa laki-laki dan siswa perempuan, terutama
pada subtes penalaran mekanik. Penelitian ini dilakukan
terhadap sampel siswa SMU swasta di Yogyakarta. Sampel diambil
dari kelas 1 dan kelas 2. Diantara 5 SMU tersebut terdapat 3
sekolah khusus yaitu satu khusus siswa laki-laki pada kelas 1
dan 2 khusus siswa perempuan pada kelas 2. Analisa
karakteristik psikometrik secara umum dilakukan dengan Item and
Test Analysis (ITEMAN). Analisa keberadaan DIF berdasarkan
gender menggunakan metode Item Response Theory (IRT) dengan
nwnghitung nilai chi-Square dan area antara dua item
karaktheristik surve item yang sama dari kelompok yang berbeda.
Software yang digunakan adalah BILOG untuk memperoleh item
parameter.
Analisa terhadap keberadaan DIF berdasarkan gender
memberikan hasil positif. Indikasi paling kuat terdapat pada
subtes penalaran mekanik. Hasil ini sesuai dengan apa yang
disebutkan dalam buku manual DAT edisi ke-5, (1974). Hasil
pengolahan data nmnunjukkan juga item-item tidak fit terhadap
data, dan item-item yang nengandung DIF. Sejauh ini pengaruh
dari kelompok sekolah khusus tersebut terhadap kelompok masing
masinq cukup besar