UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penyebaran Disposisi Intellectual Character Mahasiswa pada Bidang-bidang Ilmu yang Memiliki Metode-metode Ilmu Berbeda.

Katharina A. Pandegirot; Sri Hartati R. Suradijono, supervisor; Evita Eddie Singgih, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Seorang dikatakan cerdas, jika selain memiliki kemampuan
berpikir yang baik dia juga menampilkannya secara konsisten dalam perilakunya sehari-hari ketika menjalani kehidupan Masalahnya, tidak semua orang yang memiliki kemampuan berpikir, memiliki pula karakter intelektual yang gemar berolah-pikir. Dengan ketiadaan karakter ini, maka mustahil seseorang dapat tumbuh menjadi IW-time learner, suatu kualitas yang diperlukan individu untuk meneruskan perkembangannya secara mandiri selepas dari masa sekolah kelak, dan untuk menjalani hidupnya secara cerdas.
Diketahui bahwa perkembangan manusia tidak terlepas dari
konteks lingkungan tempat individu itu tinggal Dalam konteks lingkungan ini, terdapat pengaruh budaya, belief system dan serangkaian nilai-nilai di dalamnya.
Maka universitas, sebagai tempat mahasiswa berkuliah, juga merupakan
lingkungan sosial dan budaya, yang memiliki potensi besar sebagai tempat dilakukannya interalisasi budaya berpikir, karena di dalam universitas terdapat berbagai bidang ilmu yang memiliki metode-metode ilmu yang berbeda yang
diduga dapat memberikan pengaruh berbeda. pula. Institusi Pendidikan sebagai salah satu agen enkulturasi dianggap sebagai pihak yang bertanggung-jawab untuk mengembangkan karakter intelektual ini kepada para siswanya selain memberikan befbagai informasi dan ilmu pegetahuan.
Penelitian ini melakukan eksplorasi atas penyebaran disposisi-
disposisi Intellektual Character pada tiga metode ilmu yang berbeda yang terdapat dalam universitas, yang diwakili oleh enam (6) fakultas dan jurusan yang berbeda, pada kelompok subyek semester 2 dan semester 6. Dari eksplorasi ini diperoleh gambaran bahwa subjek semester 2 memiliki skor Intelektual
Character yang lebih baik dibandingkan subjek semester 6.
Dalam suasana belajar yang tidak memberikan orang bagi siswa
untuk mengkonstruksikan pengetahuannya atas materi kuliah yang diberikan melalui berbagai media yang diperlukan seperti diskusi, brainstroming, praktek laboratorium, praktek lapangan; sena tidak memberikan kesempatan untuk melakukan eksplorasi gagasan-gagasan sebagai pendalaman yang relevan atas suatu topik, universiras akan sulit menghasilkan individu berkarakter intelektua

 File Digital: 1

Shelf
 T-PDF Katharina A Pandegirot.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer ,
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 201 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-24-80753311 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342660
Cover