UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan kreativitas, harga diri dan produktivitas dengan keberhasilan berekspresi dalam bentuk karya seni lukis anak

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Penelitian ini berawal dari pemikiran langkanya basil ekspresi anak dalam
bentuk karya lukis anak. Padahal menggambar dan melukis seharusnya menjadi sarana
anak-anak mewujudkan ekspresinya. Melalui gambar lukisan anak merefleksikan
kemampuan intelektual, perkembangan fisik, persepsi, kreativitas, kepekaan estetiks
dan perkembangan sosialnya.
Melalui kajian teoritis tentang keberhasilan berekspresi dalam benhrk katya
lukis anak, diperoleh veriabel yang diperkitakan mempengarnhi keberhasilan
berekspresi, yaitu kreativitas, berga diri dan prodaktivitas. Unhrk itu diajukan empat
hipotesis peoalitian yang hams diuji kebenara.naya, hipotesis ten;ebut adalah :
L Ada hubungan yang positif dan siguifikan antara kreativitas dan keberhasiian
berekspresi dalam benhrk katya seni lukis anak.
2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara harga diri dan keberbasilan
dalam bentuk katya seni lukis anak.
3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antam harga diri dan keberbasilan
berekspresi dalam benhrk katya seni lukis anak
4. Vatiabel kreativitas memberi pengarub lebih besar terhadap keberbasilam
berekspresi dibandingkan dengan variable berga diri dan produktivitas.
Penelitian ini melibetkan siswa kelas N, V dan VI Sekolah Dasar Amitayus
Jl. Sekolah no 6 Jelambar, Jakarta Barat yang mendapat bimbingan khusus Kak Alex
dalam melukis dan menggambar, dan anak-anak yang menjadi anggota sanggar D&P
Jl. Bintaro Tengah Raya TI/52 Bintaro, Jakarta Sclatan.
Sampel penelitian adalah anak-anak yang telah memperoleh penghargaan dalam
Iomba gambar/lukis anak, dan mereka yang pemah mengikuti pameran lukis/ gambar
sejakbulan Juni 1999- Juni 2000.
Untuk mengukur kreativitas, harga diri dan prodnktivitas dignnakan inslrumen yang
disusun sendiri oleh penulis, yang sebelum digunakan telah diuji coba terlebib dahulu
terbadap 33 orang anak.
Dari basil analisis dengan menggunakan Product Moment Person diperoleh infonnasi
bahwa Kreativitas mempunyai hubungan yang kuat dan signifikan dengan
keberhasilan berekspresi (r = 0.698 dengan p = 0.000). Hasil penelitian ini
menunjukkan mesltipun pada usia sekolah dasar (7-12 tahun) anak-anak mergalami
penurunan kreativitas (creativity drop), tetapi diperoleh data bahwa ada hubungan
yang kuat dan signifikan antara kreativitas dan keberbasilan berekspresi dalam bentuk
karya seni lukis anak. Dengan demikian hipotesis pertama diterima.
Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Harga diri mempunyai hubungan
yang bermakna dengan keberbasilan berekspresi (r = 0.717 dengan p = 000).
Harga diri sangnt mempengaruhi sikap dan tindakan seseorang baik terhadap upaya
peningkatm kernampuan diri sendiri maupnn peningkatan peadayagunaan lingkungan
disekitarnya. Dengan demikian hipotesis kedua diterima.
Pada penelitian ini diperoleh pula informasi bahwa produktivitas teroyata tidak
mempunyai hubungan yang bennakua dengan keberbasilan berekspresi (r = -0.193
dengan p = 0.083) Hal ini tidak sesusi dengan pendapat Ovirk dkk (1976) yaog
menyatakan bahwa kemampuan menciptakan produk seni didulrung oleh faktor
kemampuan estetika, ketmmpilan alas material dan penguasaan prinsip seni (lnkis).
Dengan demukian hipotesis kretiga ditolak.
Hipotesis 4 berbunyi :"Variabel kreativitas memberi pengarub yang lebih besar
dibandingkan dengan variabel barga diri dan variebel produktivitas. setelah dilakuksn
uji dengan menggunakan multipel regresi diperoleh data signifikansi p = 0.028. Angka
signifikansi dari variabel kreativitas lebih besar dibandiogkao dengan variabel bargn
diri p = 0.006 yang berarti hipotesis 4 ditolak.
Berdasarkan basil-basil penelitian, kesimpulan dan diskusi dapat diajukan
saran -saran yang diberikan berkaitan dengan :
L Sarnpel Penelitian
Dalam rnenentukan sampel headaknya diusahakan diwakili oleh lebih banyak
murid dari be:rbagai sanggar dan dalarn jumlah yang lebih besar agar diperoleh
sarnpel yang lebih bersifat heterogein
2. Alat yang dipakai dalam penelitian
Alat ukur ini merupakan alat ukur yang disusun sendiri oleh penulis dan barn
pertama kali digunakan kiranya perlu dikembangkan jumlah butir pernyataan
agar diperoleh data yang lebih terperinci dan perbaikan-perbaikan pada
beberapa item pernyataan dalam alat ukur tersebut
3. Variabel Penelitian
a. Mengingat banya 54.1% varian yang dapat dijelaskan dalam variabel
penelitian ini sedangkan 46.9% lainnya merupakan sumbangan dari
variabel diluar penelitian muka diperlukan adanya penelitian yang
lebih mendalam dengan menambabkan variabel-variabel lain yang
dianggap memiliki hubungan dengan keberhasilan berekspresi.
b. Data yang digunukan untuk variabel keberhasilan berekspresi
sebaiknya data primer.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Eri Narwati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T37924
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2000
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 131 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37924 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342694
Cover