Berbagai kemajuan yang telah dicapai saat ini
membawa berbagai perubahan. Perubahan-perubahan ini
menciptakan berbagai tantangan dan masalah yang harus dl
hadapi. Para ahli, antara lain Olson (1980) dan Raudsepp
(1981), mengajukan kreativitas sebagai alternattf
pemecahan masalah yang paling tangguh saat ini.
Pendidikan merupakan salah satu usaha utama manusja
untuk mempersiapkan indtvidu dalam menghadapi tantangan
dan masalah hidup. Dengan demikian seyogyanyalah pendidikiii
an, selain berkaitan 'dengan kecerdasan, berkaitan erat
pula dengan kreativitas. Selama ini faktor kreativitas
kurang diperhitungkan dalam masalah pendidikan.
Apakah pendidikan memang berkaitan pula dengan
kreat.ivitas, selain dengan inteligensi. Hal inilah yang
ingin ditemukan dalam penelitian ini.
Metode penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 81 yang
menyediakan seluruh program kekhususan
A4). Penelitian menggunakan alat pengukuran TIKI-M, TKV,
TKF dan Skala Sikap Kreatif, yang kemudian dilihat kaitannya
dengan prestasi belajar yang dilihat dari prestasi
yang diperoleh siswa dalam rapor semester empat.
Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan
metode multiple regression, korelasi parsial dan korelasi
tunggal.
Hasil penelitian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara
kreativitas dengan prestasi belajar di SMAN 81 tidak cukup
signifikan. Inteligensilah yang memiliki hubungan yang
lebih erat dengan prestasi belajar.
Hasil penelitian mengenai saling terkaitnya faktor
Inteligensi kreativitas verbal dan kreativitas figural
membuktikan bahwa ketiganya saling terkait secara
signifikan dan positif( kecuali pada Program Pengetahuan
Budaya CA4).