UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Autism pada Twins (Studi Kasus pada Satu Pasang Anak Kembar yang Mengalami Autistic Disorder)

Eko Handayani; Dini P. Daengsari, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Autism adalah suatu gangguan perkembangan yang muncul di awal kehidupan seorang anak, yang dilandai oleh ketidakmampuan untuk berhubungan dengan orang lain, masalah dalam hal komunikasi, dan adanya pola tingkah laku tertentu yang diulang-ulang. Saal ini angka kejadian autism semakin banyak. Beberapa ahli meyakini bahwa autism berhubungan dengan faktor genetik. Orang tua yang memiliki anak autism mempunyai kemungkinan besar untuk kembali memiliki anak autism, Kemungkinan ini juga akan menjadi semakin besar bila orang tua memiliki anak kembar (penelitian Greenberg & Gillberg dalam www.news bbc.co.uk, 2002. Penelitian ini mencoba untuk melihat gambaran kejadian autism pada anak kembar,
bagaimanakah sejarah perkembangan mereka, apakah ada hal yang unik pada kasus ini, melihat bahwa kedua anak berasal dari ibu yang sama, tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang sama pula. Selain itu juga akan dilihat faktor-faktor apa yang berperan dalam perkembangan tersebut.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitalif dengan memakai teknik wawancara dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Subyek penelitian adalah anak kembar yang keduanya telah didiagnosa autism oleh seorang professional alau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pada awalnya kedua anak berkembang normal, namun mulai usia 11bulan, mereka menunjukkan gejiala-gejala autism seperti tidak peduli pada lingkungan, tidak tertarik pada permainan, perilaku hiperaktivitas, dan adanya keterlambatan pada perkembangan bahasa. Selanjutnya tampaklah bahwa mereka mengalami keterlambatan perkembangan dibandingkan dengan anak seusianya. Temlama pada aspek mental dan psikososial, sementara aspek fisik berkembang dengan tidak seimbang. Berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulan yang dapat diambil ialah bahwa kemajuan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor dari dalam diri anak (inteligensi dan kepribadian), pengobatan, pengajaran terapi yang intensif dan terstuktur, serta intervensi dan keterlibatan orang tua/saudara kandung di rumah yang menarik pada kasus autism anak kembar ialah bahwa kebersamaan mereka kemungkinan besar membawa pengaruh yang kurang baik bagi perkembangan, dimana mereka dapat meniru yang dilakukan saudara kembarnya. Untuk membantu perkembangan mereka, pelibatan saudara sekandung alau anak-anak yang normal serta memisahkan dari saudara kembar yang juga autism dapat menjadi pertimbangan, melihat bahwa anak autism memiliki kemampuan meniru yang baik.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Eko Handayani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 87 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-24-96582992 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342907
Cover