UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Parenting pada ibu yang bekerja sebagai profesional dengan anak usia 8 - 10 tahun

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Menjadi orang tua membawa tantangan tersendiri sejalan dengan
perkembangan anak maupun orang tua itu sendiri. Banyak pendapat yang
menyatakan bahwa sikap dan perilaku ibu merupakan faktor penentu bagi
perkembangan anak dan kualitas anaknya Bagi ibu yang bekerja hal ini
membutuhkan usaha yang cukup besar untuk dapat menjalankan perannya
sebagai isteri, ibu dan pekerja dan ibu yang bekerja perlu melakukan
penyesuaian-penyesuaian agar dapat mengembangkan anaknya seoptimal
mungkin. Banyak penelitian-penelitian yang menemukan bahwa cara
parenting seorang ibu dipengaruhi oleh pendidikan, pekeljaan, status sosial
dan lingkungan keluarga Semakin tinggi tingkat pendidikan dan pekeljaan
seorang ibu semakin tinggi aspirasi terhadap anaknya, termasuk disini para
professional. Ibu akan berusaha melakukan usaha-usaha mengoptimalkan anak
dengan cara parenting yang dianggap sesuai baginya, namun dalam
kenyataanya kadang-kadang tidak memenuhi harapannya. Hal ini juga
ditunjang oleh pengalaman klinik peneliti (data klinik LPT-UI, 1998-2001),
pada kasus anak usia 8-10 tahun.
Mengingat anak pada usia tersebut sudah mernpunyai lebih banyak
kegiatan dan sesuai dengan kurikuium kelas III SD yang culcup padat, maka
cara parenting adalah dengan memantau (monitoring) dan kontrol yang tegas
merupakan hal yang penting. Ibu juga diharapkan membantu anak
rnengembangkan manajemen diri dan tanggung jawab sosial, menyediakan
hubungan yang positif serta mengelola pengalaman-pengalaman di luar
keluarga.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran cara parenting
pada ibu yang bekerja sebagai profesional yang memiliki anak usia 8-10 tahun.
Melalui hasil penelitian dapat dicari cara parenting yang efektif dalam
pengasuhan anak dan dengan mengkaji kondisi-kondisi ibu yang bekerja
sebagai profesional diharapkan dapat memberikan bantuan melalui konseling
agar ibu tetap dapat menjalankan peran gandanya dengan mengatasi kendalakendala
yang ada dan dapat melakukan penyesuaian-penyesuaian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 103 reponden mempunyai
kecenderungan cara otoriter. Dari-empat-subyek-yang-diambil
secara kuaiitatif; dua subyek yang mempunyai cara parenting yang otoriter,
memperlihatkan interaksi ibu dan anak dirnana ibu melakukan kontrol yang
tegas dengan ancaman dan hukuman, menuntut kepaluhan, sering
memperingatkan anak, pengawasan pada anak lebih menekankan aldbat
buruknya, tidak membiasakan untuk saling berargumentasi dan ibu mudah
menjadi malu dan kecewa bila anak tidak memperlihatkan periiaku yang
diharapkan. Dari dua subyek dengan cara parenting yang otontatif terlihat
interaksi ibu dan anak yang membiasakan anak untuk berani bertanya dan
menyatakan pendapatnya, mencari altematif pemecahan masalah bersama,
saling berargumentasi, bersikap responsif, memperhatikan keinginan dan
pendapat anak, menjelaskan pada anak untuk bertanggung jawab atas
perbuatannya, menjelaskan peraturan yang diberikan dan konsekuensi dari
pelanggaran terhadap peraturan tersebut, membiasakan anak untuk mengontrol
emosinya dan memprlihatkan rasa bangga, rasa senang dan memuji anak bila
melakukan perilaku-perilaku yang konstruktif
Latar belakang keluarga, dukungan suami, urutan kelahiran dan profesi
mempengaruhi cara parenting dari subyek penelitian.
Saran dari hasil penelitian ini, antara lain untuk penelitian kuantitatif
dilakukan pada sampel yang lebih besar dan lebih bervariasi agar mendapatkan
generalisasi yang lebih luas. Pada ibu yang bekerja sebagai profesional
disarankan menggunakan cara parenting yang otoritatif, menggunakan waktu
luang seefektif mungkin, mengeliminir masalah-masalah yang ada, dan juga
meningkatkan dukungan suami. Sebagai studi perbandingan dapat dilakukan
penelitian pada anak-anak yang mendapatkan cara parenting otoriter maupun
otoritatif dari ibu yang bekerja sebagai professional.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Erniza B Joewono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii,186 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342914
Cover