Penelitian ini mengenai hubungan data personal, karakteristik pekerjaan, dan kepuasan kerja dengan komitmen keija petugas Cater yang bekerja untuk PT PLN (Persero). Usaha PT PLN (Persero) mengalihkan pengelolaan petugas Cater kepada perusahaan swasta dengan tujuan untuk rneningkatkan kinerja mereka, ternyata tidak berdampak positif bagi peningkatan kualitas kinerja petugas Cater. Diduga, ada faktor lain yang membuat rnereka tidak merasa terikat dengan pekeljaan, sehingga merasa tidak termotivasi untuk bekerja dengan baik.
Subyek penelitian berjumlah 232 petugas Cater yang bekerja untuk PT PLN (Persero), berstatus karyawan Perusahaan Jasa Pemborongan Pekeijaan, berpendidikan SLTA-sederajat dan telah bekerja minimal 1 tahun sebagai petugas Cater- Alat ukur dalam penelitian ini menggtmakan alat ukur komitmen kerja Meyer Allen dan Smith (1993), kuesioner karakteristik pekerjaan Hackman dan Oldham (1976), dau kuesioner kepuasan kelja Spector (1985). Semua alat ukur dimodiiikasi agar sesuai dengan persepsi responden terhadap ciri-ciri intrinsik pekeijaannya dan kepuasan kerja mereka. Metode penelitian adalah studi lapangan non eksperimental. Pengolahan data menggunakan teknik analisis statislik multiple regression.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat komitmen kerja petugas Cater tergolong tinggi, memiliki persepsi yang cukup positif tentang pekerjaannya, dan merasa cukup puas dengan pekerjaan yang dilakukan. Untuk penelitian dengan topik yang sama, disarankan untuk menyesuaikan karakteristik pekeljaan dan kepuasan kerja dengan pekerjaan yang akan diteliti, dan menggunakan faktor lain sebagai anteseden komitmen kerja.