UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hasil assessment center untuk mcngidentifikasi kompetensi kandidat pimpinan Bank BNI

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Tulisan ini berlujuan untuk menganalisa pcmilihan metode assessment dengan
mcnggunakan metode Assessnremt Center dan memanf`aa1kan hasilnya untuk memetakan
kompetensi kandidat pimpinan Bank BNI.
Adapun pokok-poko pikiran dalam pembahasan lulisan ini adalah sebagai berikut :
' Sebagai Suatu perusahaan perbankan yang sedang berjuang memenangkan pcrsaingan
di era globalisasi seperti saal ini. Bank BNI Imembutuhkan kandidat pimpinan masa
depan yang qualified. Banyak metode assessment yang pernah dilakukan seperti
wawancara, psikolest, inventories serta lainnya. dan Bank BNI telah memilih metode
assessment centre sebagai alal untuk mengindentifikasi kompctcnsi_
Dalam kajian ini dibahas teori dan pendapat ilmuan tentang kompetensi, metode assessment centre, implelmentasi metode assessment centre dalam dalam system managemen sumber daya manusia. Serta upaya Bank BNI mengimplementasikan metodc assessment centre dalam sistem manajemen sumber daya manusianya.
' Implementasi melode assessment centre di Bank BNI dimulai dengan melakukan
analisa jabatan yang berbasis kompetensi terhadap jabalan-jabatan dijenjang Vice President (VP). Selanjutnya dibuat rancangan assessment centre untuk menggali kompetensi yang telah ditetapkan menjadi success prpfile level VP di Bank BNI dalam 13 kompetensi berikut L Visionary Leadership, Building Business Partnership, Costumer Focus, Aligning Performance for Success, Delegating of Responsibility, Chage Leadership, Strategic decision makin, Commercial Acumen, Marketing & Entreprenerual Insight, Excecutive Disposition, dan Managing the job.
' Dari data pelaksanaan assessment terdapat 60 (enam puluh) kandidat VP di Bank BNI menunjukkan masih dibutuhkan pengembangan kompetensi agar dapat sukses
menduduki jabatan VP pada scmua kompeaensi
' Hasil ini memberikan masukan bagi manajemen 'Bank BNI untuk dapal
mempersiapkan program-program yang terencana dalam menutupi gap alau
kesenjangan level kompetensi yng dimiliki para kandidat sehingga saatnya nanti
dapal menjadi pimpinan Bank BNI yang qualified.
Kajian lebih lanjut disarankan untuk terus melakukan proses assesment dengan
mcnggunakan metode Assesment Centre, sehingga diperoleh data yang Iebih
representatif untuk menggambarkan level kompetensi kandidat pimpinan Bank BNI
di masa depan.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Apin Aviyan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T37969
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 43 hlm. : ill. ; 30 cm + lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37969 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343560
Cover