UI - Tesis Membership :: Back

UI - Tesis Membership :: Back

Hasil Assessment Center untuk Mengidentifikasi Kompetensi Kandidat Pimpinan Bank BNI

Apin Aviyan; Mokoginta, Urip Abdurachman, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)

 Abstract

ABSTRAK
Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa pemilihan metode assessment dengan
menggunakan metode Assessment Center dan memanfaatkan hasilnya untuk memetakan
kompetensi kandidat pimpinan Bank BNI.
Adapun pokok-poko pikiran dalam pembahasan tulisan ini adalah sebagai berikut :
Sebagai suatu perusahaan perbankan yang sedang berjuang memenangkan persaingan
di era globalisasi seperti saal ini. Bank BNI membutuhkan kandidat pimpinan masa
depan yang qualified. Banyak metode assessment yang pernah dilakukan seperti
wawancara, psikotest, inventories serta lainnya. dan Bank BNI telah memilih metode
assessment centre sebagai alat untuk mengindentifikasi kompetensi.
Dalam kajian ini dibahas teori dan pendapat ilmuan tentang kompetensi, metode assessment centre, implementasi metode assessment centre dalam dalam system managemen sumber daya manusia. Serta upaya Bank BNI mengimplementasikan metodc assessment centre dalam sistem manajemen sumber daya manusianya.
Implementasi metode assessment centre di Bank BNI dimulai dengan melakukan
analisa jabatan yang berbasis kompetensi terhadap jabalan-jabatan dijenjang Vice President (VP). Selanjutnya dibuat rancangan assessment centre untuk menggali kompetensi yang telah ditetapkan menjadi success profile level VP di Bank BNI dalam 13 kompetensi berikut L Visionary Leadership, Building Business Partnership, Costumer Focus, Aligning Performance for Success, Delegating of Responsibility, Chage Leadership, Strategic decision makin, Commercial Acumen, Marketing & Entreprenerual Insight, Excecutive Disposition, dan Managing the job.
Dari data pelaksanaan assessment terdapat 60 (enam puluh) kandidat VP di Bank BNI menunjukkan masih dibutuhkan pengembangan kompetensi agar dapat sukses
menduduki jabatan VP pada semua kompetensi.
Hasil ini memberikan masukan bagi manajemen 'Bank BNI untuk dapat
mempersiapkan program-program yang terencana dalam menutupi gap atau
kesenjangan level kompetensi yng dimiliki para kandidat sehingga saatnya nanti
dapat menjadi pimpinan Bank BNI yang qualified.
Kajian lebih lanjut disarankan untuk terus melakukan proses assesment dengan
mcnggunakan metode Assesment Centre, sehingga diperoleh data yang lebih
representatif untuk menggambarkan level kompetensi kandidat pimpinan Bank BNI
di masa depan.

 Digital Files: 1

Shelf
 T-Apin Aviyan.pdf :: Download

LOGIN required

 Metadata

Collection Type : UI - Tesis Membership
Call Number : T37969
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Additional entry-Corporate name :
Study Program :
Subject :
Publishing : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
Cataloguing Source LibUI ind rda
Content Type text
Media Type unmediated ; computer
Carrier Type volume ; online resource
Physical Description v, 43 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
T37969 15-25-63759473 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20343560
Cover