Penelitian ini berfokus untuk mcmbina intcraksi positif antara ibu dan anak dengan menerapkan prinsip-prinsip theraplay. Berdasarkan hasil-hasil pcnclitian scbelumnya, theraplay telah terbukti berhasil untuk meningkatkan interaksi antara orangtua dan anak. Penelitian ini terdiri dari 10 scsi dan menggunakan satu responden (anak). Tlaeraplay merupakan salah satu bentuk intervensi yang berdasarkan teori attachment.
Fokus utama dari terapi ini adalah untuk meningkatkan dan membina hubungan antara caregiver dan anak mclalui serangkaian kegiatan yang menyenangkan, interaktitl dan menarik. Jemberg (2001) mengembangkan empat dimensi dalam theraplay, yaitu structuring (memberikan batasan), engaging (menciptakan Suasana dan aktivitas yang dapat menarik perhatian dan minat anak), challenging (memberikan tantangan), dan nurturing (menciptakan suasana nyaman dan aman).
Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa interaksi positif yang tcrbcnluk masih kurang efektif. Responden (anak) hanya mengalami sedikit perubahan dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Hasil tersebut antara lain terkait dcngan sikap ibu yang belum secara konsisten dan sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip theraplay, kurangnya waktu yang disediakan ibu untuk melakukan aktivitas-aktivitas terapi bersama anak, adanya masalah pribadi yang membuat ibu kurang terfokus pada kegiatan terapi, dan lingkungan yang kurang kondusif.
Berdasarkan hasil, peneliti menyarankan agar ibn mengikuti konseling dan meluangkan waktu lebih untuk anak. Selain ilu, pcrlu diadakan scsi pclatihan khusus untuk ibu (role play) Sebelurn mcnerapkan prinsip-pxinsip t/zeraplay.
The research focused in enhancing positive interactions between mother and child using theraplay principles. Based on previous researches, theraplay is proven success to improve parent child interaction. This research consist of ten sessions and using only one respondent (child). Theraplay is based on attachment theory. The main focus of this therapy is to develop dan enhance relationship between caregiver and child, using various activities that is fun, interactive, and exciting. Jemberg (2001) developed four dimensions in thcraplay, they are s :maturing ( giving limits o r rules), e ngaging (creating a n atmospher a nd a ctivities that drawn chidren attention and interest), challenging (providing challenging task), and nurturing (creating a safe and comfortable environment). According to this research result, positive interactions between mother and child was not well established. The child only had minor changes that appear in daily lives. This result was interrelated with inconsistency of mother behavior in applying thcraplay principles, lack of leisure moment provided by mother, mother’s personal problems that influence her attention during therapy, and unsupporting environment. Based on the result, researcher adviced mother to attend an adult counseling and providing more leisure moment with child. Beside that, researcher encouraged mother to have role play training before appliying theraplay principles in daily lives.