UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pengalaman Orangtua Mengikuti Program DIR(M) = Parental Experience with The DIR(M) Program

Dewi Komalasari; Adrian S. Ginanjar, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Pengalaman mcngikuti program DIR(M), diperoleh dengan mewawancarai empat keluarga dari empat anak SA yang telah mengikuti program tersebut lcbih dari enam bulan. Wawancara, menunjukkan bahwa keluarga yang cocok untuk mengikuti program DIR(M) adalah keluarga yang sepakat untuk mengikuti program dan dapat mengalokasikan waktu untuk mengerjakan program rumah yang tercakup dalam program. Menerapkan Floortime yang merupakan bagian intl dari pendekatan DIR, dilaporkan sebagai bagian tersulit. Keberhasilan melakukan Floorrime lebih didukung oleh kemampuan berempati pada anak dari pada kemampuan memahami teorinya.
Pembahan pertama yang diperlihatkan semua anak dalam penelitian ini adalah perbaikan atensi dan konlak mata, timbulnya pcrilaku lebih akrab dan hangat dcngan caregiver Serta minat untuk rnemulai interaksi sosial. Semua responden mcngekspresikan kegembiraan mereka atas perubahan perilaku anak-anak terscbut. Mereka menyatakan bahwa hubungan dengan anak SA menjadi lebih akrab, mcrcka lebih memahami anak SA ini dan mcngasuhnya menjadi lebih mcnyenangkan.
Kcbutuhan keluarga, yang bclum dapat dipenuhi oleh program DIR(M), adalah pcnjelasan teori dan praktek dari DIR secara rutin dan herulang, juga kunjungan rumah secara rutin oleh salah seorang anggota lim DIR(M). Teori dan praktek DTR pcrlu disebarluaskan pada profesi lain yang bekerja dengan anak dan kcluarga untuk memperbaiki pelayanan pada keluarga yang ingin mengikuti program DTR(`M).

Experiences of parents with DlR(M) program was obtained by interviewing families with children on the Autism Spectrum (AS) who have been with the DIR(M) program. Analysis showed that the program was suitable for families who were in agreement about doing the program and were able to allocate their time to do the home programs. Applying the Floorrime which is an important part of the DIR approach was reported as the most difficult part ofthe program.
Behavior changes showed by children in the study were: improvements in attention and eye contacts, wanner attachment with their caregivers, and initiating social interactions. All parents expressed their happiness about changes in their children’s behavior. They also said that their relations with their AS child became more intimate, they could understand their children better and caring for them became more enjoyable.
The interviews revealed some needs which had not been met by the DIR(M) program. These are: routinely repeated explanations ofthe DIR theories and the home program, also routine home visits by someone from the DIR(M) team. DIR theories and practices should be spread out to other professionals who work with children and families to improve servicw for families who want to take the DIR(M) program.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T34051
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 81 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34051 15-22-38642613 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343917
Cover